Real Madrid Kacau Balau Musim Ini, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Zinedine Zidane ogah mundur

Jakarta, IDN Times - Ada yang salah dengan Real Madrid pada musim 2020/21. Setidaknya itulah yang terlihat dari hasil-hasil pertandingan mereka sejauh ini, baik di LaLiga maupun di Liga Champions.

Di ajang LaLiga, Madrid hanya meraih satu kemenangan dari empat laga terakhir. Pada laga terakhir mereka bahkan dibekuk Deportivo Alaves dengan skor tipis 1-2. Catatan ini jelas memalukan.

Sementara  di Liga Champions Madrid baru saja tumbang dari Shakhtar Donetsk dengan skor 0-2. Ini kedua kalinya Madrid kalah dari Shakhtar Donetsk. Pada laga sebelumnya mereka kalah dengan skor 3-4. Hasil ini membuat peluang Madrid lolos ke 16 besar Liga Champions makin berat.

Jadi, apa yang sebenarnya terjadi pada Madrid?

1. Pertahanan rentan, penyerangan minim kreasi

Real Madrid Kacau Balau Musim Ini, Apa yang Sebenarnya Terjadi?Instagram/realmadrid

Madrid benar-benar menjadi tim yang rapuh musim ini. Dari segi penyerangan, lini depan mereka benar-benar payah. Di ajang La Liga, mereka baru mencetak 16 gol dari 10 laga. Jumlah itu merupakan jumlah gol paling sedikit yang pernah mereka cetak dalam 10 tahun terakhir.

Minimnya gol Madrid ini imbas dari minimnya kreasi penyerangan. Serangan Madrid terlalu mudah ditebak lawan, karena terlalu berpaku pada serangan sayap. Tidak ada lagi kombinasi di area sepertiga akhir.

Bukan cuma itu, Madrid juga gampang sekali kebobolan. Di ajang LaLiga saja mereka sudah kebobolan 12 gol. Total kebobolan mereka ini bahkan sama dengan total gol yang bersarang di gawang Cadiz.

Mudahnya Madrid kebobolan ini juga buntut dari penyerangan yang minim kreasi. Ketika serangan terhenti, garis pertahanan Madrid meninggi. Dari situ, lawan kerap menemukan ruang untuk melancarkan serangan balik. Alhasil, gol demi gol pun bersarang ke gawang Madrid.

Baca Juga: Liga Champions: Liverpool dan Inter Milan Menang, Real Madrid Tumbang!

2. Toni Kroos akui Madrid kacau balau

Real Madrid Kacau Balau Musim Ini, Apa yang Sebenarnya Terjadi?twitter.com/ChampionsLeague

Gelandang Madrid, Toni Kroos, mengakui timnya kini tengah kacau balau. Hasil negatif yang kerap diraih Madrid, ditambah inkonsistensi tim, membuat aura negatif kini menyelimuti Madrid.

"Kondisi tim sekarang kacau, musim ini kami begitu kesulitan untuk mencetak gol. Bukan hanya soal fisik, saat tim terus-menerus kalah maka semuanya terasa negatif. Kami harus terus berusaha dan mencoba memenangi laga yang ada," ujar Kroos, dilansir Goal International.

3. Zidane tidak akan mundur

Real Madrid Kacau Balau Musim Ini, Apa yang Sebenarnya Terjadi?Instagram.com/zidane

Buruknya performa Madrid ini membuat kursi kepelatihan menjadi panas. Zinedine Zidane mulai digoyang. Bahkan, ada isu yang menyatakan jika ada beberapa pemain Madrid yang tidak puas akan kepemimpinan legenda Timnas Prancis tersebut.

Meski begitu, Zidane menyatakan diri tidak akan mundur. Ia akan berusaha untuk memperbaiki keadaan. Menurutnya, Madrid masih memiliki peluang untuk bangkit dalam beberapa laga ke depan.

"Saya tidak akan mundur, toh, itu juga tidak ada gunanya. Saya kuat dan saya akan memberikan segalanya. Real Madrid tidak boleh tertunduk lesu. Ketika kami sedang dalam tren negatif, kami harus terus melaju ke depan," ujar Zidane, dilansir Marca.

Baca Juga: 5 Striker Tertajam Atletico Madrid yang Berasal dari Amerika Latin   

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya