Reinkarnasi Generasi Emas Turki

Timnas Turki mulai menggeliat

Jakarta, IDN Times - Pernah pada suatu masa, Timnas Turki jadi tim yang begitu menakutkan di daratan Eropa, bahkan dunia. Pada 2002, mereka mampu menduduki peringkat tiga Piala Dunia, bermodalkan pemain-pemain macam Rustu Recber, Hakan Sukur, Hasan Sas, serta Emre Belozoglu.

Setelah tampil mengejutkan pada 2002, hadir juga tim Turki yang menggemparkan perhelatan Piala Eropa 2008. Mereka mampu lolos ke fase gugur berkat dua kemenangan yang diraih dengan cara yang sama: comeback atas lawan.

Di ajang tersebut, Turki juga mampu menembus babak semifinal. Sayang, mereka gagal masuk final setelah dikalahkan oleh Jerman. Selepas itu, Timnas Turki belum mampu lagi bicara banyak di ajang internasional. Mereka juga terbilang jarang tembus putaran final Piala Eropa atau Dunia.

Kini, di 2021, kesempatan mereka untuk tembus putaran final Piala Dunia 2022 terbuka. Mereka diperkuat oleh generasi emas baru yang mulai menunjukkan taji di level internasional.

Baca Juga: Belanda Dipermalukan Turki, Frank de Boer Tak Mau Meratapinya

1. Turki raih hasil apik di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Reinkarnasi Generasi Emas TurkiTimnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, Turki meraih hasil gemilang. Menghadapi Belanda dan Norwegia, mereka mampu membukukan kemenangan masing-masing dengan skor 4-2 dan 3-0.

Tapi, penampilan Turki yang patut disorot terjadi saat mereka berhadapan dengan Belanda. Di pertandingan tersebut, mereka mampu memporak-porandakan lini pertahanan Belanda lewat serangan balik yang apik dan terorganisir.

2. Turki diperkuat pemain-pemain yang main di liga top Eropa

Reinkarnasi Generasi Emas TurkiTimnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Skuad Turki yang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini berisikan pemain-pemain yang tampil di lima liga top Eropa. Ada Caglar Soyuncu (Leicester City), Ozan Kabak (Liverpool), serta Burak Yilmaz dan Yusuf Yazici (OSC Lille).

Pemimpin dari skuad Turki di babak kualifikasi ini adalah Hakan Calhanoglu yang memperkuat AC Milan. Berkat banyaknya pemain yang main di lima liga top Eropa ini, kualitas skuad Turki terangkat. Mereka tidak hanya berisikan pemain yang mentas di liga lokal saja.

Selain Calhanoglu, salah satu sosok yang juga jadi kunci permainan Turki saat ini adalah Yilmaz. Ia jadi pemain dengan catatan penampilan tertinggi saat ini di Turki dengan 65 penampilan, berbalut 27 gol yang sudah ia cetak.

Baru-baru ini, Yilmaz juga memecahkan rekor yang ditorehkan oleh Cristiano Ronaldo. Ketika Ronaldo hanya membobol gawang Belanda sebanyak empat kali, Yilmaz mencetak gol ke gawang Belanda sebanyak lima kali.

3. Turki sudah ditunggu lawan berat

Reinkarnasi Generasi Emas TurkiTimnas Turki di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Murad Sezer)

Terlepas dari hasil apik di dua laga awal kualifikasi, Turki tetap harus waspada. Selain Belanda dan Norwegia, ada juga Montenegro selaku lawan berat yang harus mereka waspadai di babak kualifikasi ini.

Di babak kualifikasi ini, Montenegro sudah meraih dua kemenangan, yakni atas Latvia dan Gibraltar. Mereka juga diperkuat oleh pemain-pemain yang main di liga top Eropa, seperti Adam Marusic, Stefan Savic, hingga Stevan Jovetic. Mereka adalah ancaman nyata buat Timnas Turki.

Baca Juga: Hattrick Melawan Belanda, Begini 9 Fakta Pemain Turki, Burak Yilmaz

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya