Rusia Undang Timnas Indonesia Lakoni Laga Persahabatan

Hal ini berpotensi jadi standar ganda

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia mendapatkan ajakan melakoni laga persahabatan dari salah satu negara tangguh di Eropa. Negara yang memberikan undangan itu adalah Rusia.

Undangan ini disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila G Vorobieva, saat bersua Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Ajakan dari Rusia ini pun disambut hangat oleh Dito.

"Dari Rusia ingin ada pertandingan persahabatan antara Timnas Rusia dengan Indonesia, ini akan dikoordinasikan dengan PSSI dulu, semoga terwujud," kata Dito, dikutip dari situs resmi Kemenpora, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga: Menpora Maklum Timnas U-22 Dapat Kursi Nikahan di SEA Games 2023

1. Rusia-Indonesia disebut ada kedekatan

Rusia Undang Timnas Indonesia Lakoni Laga PersahabatanTimnas Rusia menang 5-0 atas Timnas Saudi Arabia dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 Rusia. (fifa.com)

Dito menjelaskan, alasan Rusia mengajak Indonesia bertanding dalam laga persahabatan, karena kedekatan kedua negara yang terjalin sejak kemerdekaan. Bahkan, ada andil Rusia dalam pembangunan Gelora Bung Karno (GBK).

"Tadi diceritakan bahwa Rusia sudah sejak kemerdekaan sampai dibangunnya Gelora Bung Karno mereka partisipasinya ada, seperti dalam hal desain dan pembangunan GBK. Ke depan kerja sama di bidang olahraga dan pemuda akan kita tingkatkan," ujar Dito.

Baca Juga: Tenis Meja Main di SEA Games 2023, Atlet Terima Kasih ke Menpora Dito

2. Rusia ingin mengundang Indonesia dalam dua ajang

Rusia Undang Timnas Indonesia Lakoni Laga PersahabatanTimnas Rusia menang 5-0 atas Timnas Saudi Arabia dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 Rusia. (fifa.com)

Selain undangan laga persahabatan timnas sepak bola, Rusia mengundang Indonesia secara resmi mengikuti Hari Olahraga Nasional Rusia. Jadi, Indonesia diundang Rusia untuk menjalani dua ajang.

"Selain itu, ada dua even yang ingin (Rusia) mengundang Indonesia secara resmi di National Sports Day-nya dan juga ada even gabungan antara cyber dan olahraga-nya Rusia," ujar Dito.

Baca Juga: Menpora Maklum Timnas U-22 Dapat Kursi Nikahan di SEA Games 2023

3. Berpeluang jadi standar ganda

Rusia Undang Timnas Indonesia Lakoni Laga PersahabatanTimnas Indonesia lawan Burundi di FIFA Matchday. (dok. PSSI)

Namun, Menpora Dito harus berhati-hati. Jika Indonesia bertanding dengan Rusia dalam laga persahabatan, hal itu berisiko menjadi standar ganda yang bakal menjadi sasaran warganet. Apalagi, sampai saat ini Rusia masih kena sanksi FIFA dan UEFA.

Hukuman itu diberikan buntut dari invasi yang Rusia lakukan ke Ukraina. Selain soal isu kemanusiaan yang jadi buntut batalnya Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia pun tak bisa memasukkan laga ini ke FIFA Matchday.

Baca Juga: Gus Muhaimin dan Dubes Rusia Gelar Dialog Kehidupan Islam RI-Rusia

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya