Saat Samsul Arif Disamakan dengan Alessandro Del Piero

Samsul Arif memang sama seperti Del Piero

Jakarta, IDN Times - Tua-tua keladi. Begitulah kondisi Samsul Arif Munip di Liga 1 2021/22 ini.

Di usia yang sudah menginjak 36 tahun, Samsul masih menunjukkan ketajaman. Tak pelak dia pun disamakan dengan Alessandro Del Piero.

Teraktual, Samsul sukses mencetak hat-trick saat Persebaya menumbangkan Tira-Persikabo di pekan 18 Liga 1 2021/22. Berkat trigol Samsul ini, Persebaya berhasil mempecundangi Tira-Persikabo dengan skor 3-2. Puja-puji pun mengiringi penampilan Samsul yang sempat dikira habis.

1. Samsul masih produktif bagi Persebaya

Saat Samsul Arif Disamakan dengan Alessandro Del PieroPersebaya vs Persik. (Website/ligaindonesiabaru)

Per musim ini, Samsul terbilang masih produktif buat Persebaya. Dari 11 laga yang dilalui, eks pemain Persibo Bojonegoro itu berhasil mencetak enam gol. Terjaganya produktivitas Samsul memang bisa dilihat dari masa-masa ketika dia membela Barito Putera, Persela dan Arema.

Di Arema, Samsul sukses membukukan 17 gol dari 27 laga di kompetisi liga. Pun ketika membela Persela di musim 2017, Samsul sukses mencetak 16 gol plus empat asis dari 34 laga di Liga 1. Produktivitasnya bertahan bersama Barito Putera di musim 2018.

Total, Samsul pernah mencatatkan 14 gol dari 33 laga bersama Barito Putera di Liga 1. Produktivitasnya sempat menurun di musim 2019 dan 2020, sampai akhirnya bangkit lagi bersama Persebaya di musim 2021/22 ini.

Baca Juga: Persebaya Resmi Datangkan Samsul Arief dan Ady Setiawan

2. Samsul disamakan dengan Del Piero

Saat Samsul Arif Disamakan dengan Alessandro Del PieroPergerakan Samsul gagal dihadang kiper Persikabo 1973 sehingga mencatatkan Samsul sebagai pencetak hattrick pertama bagi Persebaya. (Persebaya)

Gegara produktivitasnya yang apik, Samsul bahkan sempat disebut-sebut sebagai Del Piero-nya Indonesia. Hal itu terekam dalam unggahan akun resmi Juventus Indonesia pada Mei 2020. Saat itu, Samsul mengisi salah satu konten di media sosial Juventus Indonesia.

Del Piero sejatinya sama seperti Samsul. Ketika memasuki masa senja di Juventus, dia tetap produktif dan mampu mencetak gol-gol penting untuk Juventus. Pada musim 2007/08 dan musim 2008/09, Del Piero bahkan mampu menorehkan 21 gol dan 13 gol dalam satu musim Serie A.

Total, sepanjang membela Juventus, Del Piero menyumbangkan 290 gol dan 139 asis dari 705 laga di semua kompetisi. Dia pun jadi ikon Juventus, sampai akhirnya memutuskan pindah ke Sydney FC.

3. Akankah produktivitas Samsul terjaga?

Saat Samsul Arif Disamakan dengan Alessandro Del PieroSamsul Arif (kiri) dan Ady Setiawan (kanan), rekrutan anyar Persebaya. (Dok. Persebaya).

Melihat apa yang dipertontonkan di laga lawan Tira-Persikabo, muncul harapan produktivitas Samsul akan terjaga sampai akhir musim nanti. Tidak hanya instingnya dalam mencetak gol, kelincahan Samsul juga masih tampak.

Samsul Arif dapat jadi pilihan Persebaya di lini depan, di tengah masa-masa sulit yang mungkin akan mereka alami di Liga 1 2021/22. Samsul, dengan segala pengalamannya, bisa membawa Bajol Ijo keluar dari situasi sulit.

Baca Juga: Jalani Debut Kedua dengan TIRA-Persikabo, Rakic Siap Jebol Persebaya

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya