Comscore Tracker

SEA Games 2021: Timnas U-23 Harus Waspadai Kecepatan Myanmar

Myanmar cepat dan juga solid

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 Indonesia akan melakoni laga pamungkas di Grup A SEA Games 2021. Di Stadion Viet Tri, Minggu (15/5/2022) sore, skuad Garuda Muda akan bersua Myanmar. Laga ini menentukan langkah Ricky Kambuaya dan kolega.

Saat ini, Timnas U-23 tengah bersaing dengan Myanmar dan Vietnam untuk memperebutkan tiket ke semifinal SEA Games 2021. Alhasil, tim besutan Shin Tae Yong membutuhkan hasil yang apik saat bersua Myanmar di laga pamungkas grup nanti.

Myanmar sendiri bukanlah lawan yang mudah dikalahkan. Kesuksesan mereka mengalahkan Filipina dan menahan Vietnam sedemikian rupa menunjukkan, skuad asuhan Velizar Popov ini punya potensi untuk merepotkan Indonesia.

1. Myanmar diperkuat para pemain yang mentas di liga lokal

SEA Games 2021: Timnas U-23 Harus Waspadai Kecepatan MyanmarTimnas U-22 meraih kemenangan 4-2 atas Myanmar dalam laga semifinal SEA Games , Sabtu (7/12). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Skuad Myanmar U-23 di SEA Games 2021 berisikan pemain-pemain muda yang mentas di liga lokal. Kebanyakan mereka bermain di klub ISPE, Yadanarbon, dan Yangon United. Mereka berpadu dengan para pemain yang main di luar negeri.

Menilik kekuatan skuad Myanmar ini, bisa dibilang mereka merata. Para pemain muda lokal, diasuh oleh para pemain di atas usia 23 tahun yang main di luar negeri. Apiknya lagi, para pemain di atas usia 23 tahun ini juga masih berusia 24 sampai 26 tahun.

Baca Juga: Pelatih Vietnam Ragukan Timnas U-23 Lolos ke Final SEA Games 2021

2. Myanmar punya kecepatan dan bisa memanfaatkan ruang kosong

SEA Games 2021: Timnas U-23 Harus Waspadai Kecepatan Myanmarhttps://bongdaplus.vn

Berbekal pemain berusia muda ini, tak heran Myanmar begitu mengandalkan kecepatan di SEA Games 2021 ini. Dalam dua laga lawan Timor Leste dan Filipina, serangan-serangan mereka dominan mengandalkan kecepatan dari kedua sayap.

Bukan cuma itu, Myanmar juga andal dalam memanfaatkan ruang kosong. Hal itu tampak dari gol-gol yang mereka ciptakan, termasuk oleh pemain andalan mereka, Win Naing Tun. Nah, hal ini perlu diwaspadai oleh skuad Garuda Muda.

Dalam laga lawan Vietnam dan Timor Leste, tampak Timnas U-23 kerap menyisakan celah di lini pertahanan. Celah ini kudu mereka tutup, jika tidak ingin jadi bulan-bulanan kecepatan para pemain Myanmar.

3. Pelatih Timnas U-23 akui kekuatan Myanmar

SEA Games 2021: Timnas U-23 Harus Waspadai Kecepatan MyanmarTimnas Indonesia U-23 berhasil kalahkan Filipina, 4-0, dalam duel di penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (dok. PSSI)

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong, mengakui Myanmar punya kekuatan dan patut diwaspadai. Dia mengungkapkan, Myanmar tim yang solid dan memiliki organisasi ciamik.

"Saya melihat tim Myanmar mempunyai organisasi pemainan yang baik. Kemampuan pemain-pemain mereka juga baik. Kualitas para pemain mereka bagus," ujar Shin, dilansir situs resmi PSSI.

Agar bisa lolos ke semifinal, Timnas U-23 setidaknya membutuhkan hasil imbang. Dengan tambahan satu poin, terlepas dari hasil apa pun yang didapat Vietnam saat bersua Timor Leste, skuad Garuda Muda sudah bisa lolos.

Namun, agar lebih aman, Timnas U-23 memang harus meraih kemenangan di laga pamungkas Grup A SEA Games 2021 ini. Berbekal kemenangan, skuad Garuda Muda berpeluang untuk lolos sebagai juara grup dan menghindari lawan berat di semifinal nanti.

Baca Juga: Hitung-hitungan Timnas U-23 Lolos Semifinal SEA Games 2021

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya