Sederet Figur Publik Indonesia yang Jadi Pemilik Klub Sepak Bola

Mereka mencoba peruntungan di dunia sepak bola

Jakarta, IDN Times - Munculnya kabar mengenai Raffi Ahmad yang akan mengakuisisi salah satu klub Liga 2, Cilegon United, mempertegas tren di dunia sepak bola. Figur publik ternyata makin getol untuk menjadi pemilik klub.

Beberapa waktu terakhir, kabar mengenai Raffi yang akan jadi pemilik Cilegon United berembus kencang. Apalagi, Raffi juga mengunggah foto di akun instagram pribadinya, menandakan dalam waktu dekat akan jadi pemilik Cilegon United.

Sekretaris Cilegon United, Henry Arifianto, belum mau memberikan keterangan mengenai status Raffi Ahmad di klub asal Banten tersebut. Dia belum bisa memberi kepastian apakah Raffi mengakuisisi Cilegon United sepenuhnya atau tidak.

"Untuk sementara, saya belum bisa memberikan pernyataan sekarang. Kami harus menunggu konferensi pers yang akan dilakukan oleh Cilegon United pekan ini," kata Henry kepada IDN Times.

Selain Raffi, nyatanya ada beberapa figur publik Indonesia yang juga jadi pemilik klub sepak bola.

Baca Juga: Kangen Bola Versi Erick Thohir: Beli Klub Seabad dan Inggris

1. Anindya Bakrie

Sederet Figur Publik Indonesia yang Jadi Pemilik Klub Sepak BolaIDN Times/Reynaldy Wiranata

Nama Anindya Bakrie sejatinya lebih dikenal di dunia renang Indonesia. Dia menjadi Ketya Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) sejak Oktober 2016, dan berlanjut lagi pada periode 2021-2025. Namun, Anindya nyatanya juga berkecimpung di dunia sepak bola.

Sampai saat ini, Anindya jadi pemilik salah satu klub Australia, Brisbane Roar, melalui Grup Bakrie. Pada 2012, Federasi Sepak Bola Australia (FFA), mengumumkan Grup Bakrie telah mengakuisisi 100% kepemilikan klub, setelah pada 2011 mereka melakukan pembelian saham klub sebesar 70 persen.

Baru-baru ini, Anindya bersama koleganya Erick Thohir dikabarkan akan membeli saham mayoritas salah satu klub Inggris, Oxford United. Sepak bola Inggris akan jadi petualangan baru untuknya.

Baca Juga: [BREAKING] Raffi Ahmad Beli Klub Liga 2 Cilegon United

2. Kaesang Pangarep

Sederet Figur Publik Indonesia yang Jadi Pemilik Klub Sepak BolaTwitter.com/kaesangp

Kaesang Pangarep jadi publik figur Indonesia selanjutnya yang memiliki klub. Bersama Erick Thohir, Kaesang jadi salah satu pemilik saham Persis Solo dengan persentase sebesar 40 persen.

Tidak cuma itu, Kaesang juga didaulat menjadi CEO Persis. Kepastian perubahan pemegang saham itu diketahui saat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, Sabtu (20/3/2021) di Hotel Atila, Solo. Hasil RUPSLB juga langsung diumumkan di depan publik.

Hadir dalam acara tersebut, Kevin, Kaesang, dan anak Erick, Mahendra Agakhan Thohir yang nantinya berperan sebagai Presiden Komisaris. Sementara, Kaesang didapuk sebagai CEO Persis.

3. Erick Thohir

Sederet Figur Publik Indonesia yang Jadi Pemilik Klub Sepak BolaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Erick jadi salah satu figur publik Indonesia yang memiliki pengalaman paling kaya dalam hal bisnis sepak bola, terutama di level internasional. Erick pernah menjadi pemilik klub MLS, DC United, dan raksasa Serie A, Inter Milan.

Dilansir Oxford Mail, dalam waktu dekat Erick berniat menjadi pemilik saham mayoritas di klub asal Inggris, Oxford United. Dengan begitu, Erick kemungkinan bakal memiliki kontrol penuh terhadap tim.

Transaksi pembelian ini juga diwartakan akan segera rampung dalam beberapa minggu ke depan. Semua tinggal menunggu rencana bisnis yang mesti diserahkan oleh sang investor kepada English Football League (EFL).

Presiden Oxford United, Sumrith 'Tiger' Thanakarnjanasuth, yang saat ini masih jadi pemegang saham tertinggi, belum mau memberikan komentar. Namun, menurut bocoran yang didapat The Telegraph, Erick nantinya akan memegang 51 persen klub.

Baca Juga: Manuver Erick Thohir Beli 2 Klub Jadi Bahan Guyon Jokowi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya