Comscore Tracker

Sejarah Anyar, Lionel Messi Dapat Kartu Merah Perdana di Barcelona

Messi dapat kartu merah dalam laga lawan Athletic Bilbao

Jakarta, IDN Times - Selalu ada yang pertama untuk segala sesuatu dalam hidup, tak terkecuali untuk kartu merah. Hal itulah yang dirasakan pemain Barcelona Lionel Messi, saat timnya berhadapan dengan Athletic Bilbao di laga final Piala Super Spanyol, Senin (18/1/2021).

Dalam laga tersebut, Barcelona harus menderita kekalahan dengan skor 2-3 dari Athletic Bilbao. Gelar Piala Super Spanyol ke-14 pun raib dari genggaman, setelah Bilbao mampu menunjukkan perlawanan spartan selepas tertinggal 1-2 dari Barcelona hingga menit 90.

Namun, bukan kekalahan Barcelona yang jadi tajuk utama dalam laga ini. Sorotan jadi milik Lionel Messi yang menerima kartu merah pada menit ke-121, usai melanggar Asier Villalibre. Kartu merah ini membawa Messi pada sebuah sejarah.

1. Kartu merah pertama Lionel Messi sepanjang berseragam Barcelona

Sejarah Anyar, Lionel Messi Dapat Kartu Merah Perdana di BarcelonaBarcelona vs Athletic Bilbao. (Twitter.com/fcbarcelona)

Squawka mencatat, kartu merah yang Lionel Messi terima dalam laga tersebut merupakan kartu merah pertama sepanjang membela Barcelona. Tepatnya, kartu merah ini hadir saat Messi menjalani laga yang ke-753 untuk Barcelona.

Messi sebelumnya memang jarang mendapatkan kartu. Malah, Transfermarkt mencatat, selama 22 kali membela Barcelona di semua ajang pada musim 2020/21, Messi cuma mendapatkan 3 kartu kuning saja. Catatan ini menjadi sejarah tersendiri bagi Messi, di tengah masa-masa akhir kontraknya bersama Barcelona.

Baca Juga: Tanpa Lionel Messi, Barcelona Bisa Apa?

2. Messi tampil kurang apik di laga lawan Bilbao

Sejarah Anyar, Lionel Messi Dapat Kartu Merah Perdana di BarcelonaBarcelona vs Athletic Bilbao. (Twitter.com/fcbarcelona)

Beraksi saat timnya lawan Bilbao, Messi benar-benar tidak berkutik. Dibandingkan Antoine Griezmann, kontribusinya buat lini serang Barcelona di laga itu terbilang minim. Menurut catatan Whoscored, pemain asal Argentina ini hanya menorehkan tiga tembakan dan empat kali usaha dribel.

Sosok asal Argentina itu sama sekali tidak mencatatkan umpan kunci dan juga torehan aksi-aksi menyerang lainnya. Kurang apiknya penampilan Lionel Messi di laga ini berpengaruh terhadap lini serang Barcelona secara keseluruhan.

Namun, dapat dilihat juga jika para pemain bertahan Athletic Bilbao memang menaruh perhatian lebih pada Messi. Catatan delapan kali dilanggar lawan yang didapatkan Messi menunjukkan dia masih jadi momok yang ditakuti oleh pemain bertahan lawan.

3. Torehan Piala Super Spanyol ketiga buat Athletic Bilbao

Sejarah Anyar, Lionel Messi Dapat Kartu Merah Perdana di BarcelonaAthletic Bilbao. (Twitter.com/Athletic_en)

Kemenangan atas Barcelona membuat Athletic Bilbao sukses menyabet trofi Piala Super Spanyol ketiganya. Bilbao sebelumnya mendapatkan trofi serupa pada 1985 dan 2015 silam.

Selepas kemenangan atas Barcelona ini, Athletic Bilbao langsung merayakannya dengan gegap gempita. Di tengah inkonsistensi penampilan yang kerap dipertontonkan Bilbao di ajang LaLiga, raihan trofi Piala Super Spanyol ini seolah jadi oase tersendiri.

Baca Juga: 5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi di Tahun 2020 

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya