Comscore Tracker

Selesaikan Urusan Administratifmu, Barcelona!

Barcelona terancam tak bisa main musim depan

Jakarta, IDN Times - Barcelona boleh-boleh saja mendatangkan nama-nama baru, sekaligus mengincar pemain-pemain ciamik di musim panas 2022 ini. Akan tetapi, semua itu agaknya tak berguna, karena mereka semua berpeluang tak bisa main musim depan.

Saat ini, Barcelona masih dilanda masalah. Keuangan mereka yang belum stabil, plus proses administrasi pemain yang masih belum tuntas, membuat mereka berpeluang tak bisa mendaftarkan nama-nama macam Robert Lewandowski dan Jules Kounde.

Di tengah situasi pelik ini, Barcelona malah mengupayakan kedatangan Marcos Alonso dan Bernardo Silva lebih dulu. Padahal, ada hal lebih penting yang seharusnya mereka lakukan. Apa sajakah itu?

1. Barcelona harus menstabilkan keuangan dengan dua cara

Selesaikan Urusan Administratifmu, Barcelona!Eintracht Frankfurt benamkan Barcelona. (twitter.com/Squawka)

Sebelum mendaftarkan pemain ke LaLiga, Barcelona harus menstabilkan keuangan mereka lebih dulu. Ada dua cara yang harus mereka tempuh, yakni dengan mencoba 'fourth economic lever', serta menjual beberapa pemain bergaji mahal.

Setelah meraup 100 juta euro (setara Rp1,5 triliun) dari hasil penjualan aset Barca Studios, mereka harus mengaktifkan 'fourth economic lever', yakni dengan menjual 24,5 persen saham klub ke pihak ketiga, yakni GDA Luma.

Jika proses ini rampung, Barcelona akan kembali mendapatkan dana 100 juta euro untuk mengarungi musim depan. Tidak cuma itu, mereka juga harus menjual pemain-pemain bergaji mahal, macam Memphis Depay dan Frenkie de Jong.

Bukan tanpa sebab Barcelona harus melakukan ini. Sebab, salary cap mereka rupanya belum memenuhi persyaratan administratif LaLiga, yang membuat mereka berpotensi tak bisa mendaftarkan nama-nama baru.

Baca Juga: 5 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 22 Barcelona Sebelum Raphinha

2. Lewandowski berpotensi gagal debut di LaLiga

Selesaikan Urusan Administratifmu, Barcelona!Facebook.com/FcBarcelona

Buah dari keuangan yang belum stabil ini, Barcelona berpeluang tak bisa mendaftarkan Robert Lewandowski dan Jules Kounde musim depan. Pasalnya, keuangan stabil jadi syarat dari LaLiga agar Barcelona bisa mendaftarkan pemain.

Jika 'fourth economic lever' diaktifkan, Barcelona bisa mendaftarkan nama-nama baru, tetapi mereka tidak bisa mendaftarkan semua pemain. Barulah jika mereka menjual pemain-pemain bergaji mahal, semua pemain baru mereka bisa didaftarkan.

Jadi, Barcelona harus menurunkan gaji Sergio Busquets dan Gerard Pique, serta menjual Depay ke klub lain. Jika ini dilakukan, baru mereka bisa mendaftarkan pemain, plus para rekrutan baru, untuk musim depan.

3. Situasi dilematis bagi Xavi selaku pelatih

Selesaikan Urusan Administratifmu, Barcelona!Manajer Barcelona, Xavi Hernandez. (twitter.com/FCBarcelona)

Situasi yang dialami Barcelona ini jadi dilema tersendiri bagi Xavi Hernandez, manajer tim. Di satu sisi, dia sudah menemukan komposisi ciamik di pramusim, dengan melibatkan Lewandowski, Raphinha, dan juga rekrutan anyar lain.

Namun, jika nama-nama baru ini tak bisa didaftarkan, Xavi tentu harus putar otak lagi mengatur skema tim. Belum lagi, ada potensi Barcelona tak bisa mendaftarkan pemain, jika keuangan mereka belum stabil.

Manajemen Barcelona harus segera bergerak cepat. Mereka harus segera menyelesaikan syarat administratif ini, agar kinerja Xavi terbantu, sekaligus memberikan kepastian kepada para pemain.

Baca Juga: Frenkie de Jong Kesal Jadi Korban Kampanye Hitam Barcelona

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya