Comscore Tracker

Sempat Drama, Timnas Inggris Akhirnya Rilis Skuad Piala Eropa 2020

Tak ada nama Mason Greenwood dan Jesse Lingard

Jakarta, IDN Times - Timnas Inggris akhirnya mengumumkan skuad final yang berisikan 26 pemain untuk tampil di Piala Eropa 2020. Kejutan dibuat Gareth Southgate, pelatih Inggris, dengan tidak membawa beberapa nama pemain yang meledak sepanjang musim 2020/21.

Mason Greenwood, Jesse Lingard, Ben Godfrey, Aaron Ramsdale, James Ward-Prowse, Ollie Watkins, dan Ben White, tidak masuk ke dalam 26 skuad final yang dibawa Southgate ke Piala Eropa. Di sisi lain, kendati sedang cedera, Jordan Henderson, Harry Maguire, dan Kalvin Phillips tetap masuk ke dalam skuad.

"Jordan Henderson dan Harry Maguire memang kurang fit secara fisik. Tetapi, pengalaman yang mereka punya akan jadi nilai plus bagi kami. Apalagi, kami juga sejatinya membawa 26 pemain. Kehadiran mereka berarti bagi kami," ujar Southgate, dilansir Sky Sports.

1. Stok full-back kanan melimpah

Sempat Drama, Timnas Inggris Akhirnya Rilis Skuad Piala Eropa 2020Reece James (goal.com)

Keputusan unik dibuat oleh Southgate dalam skuad Inggris untuk Piala Eropa 2020. Eks pelatih Inggris U-21 itu memutuskan untuk membawa empat full-back kanan, yakni Trent Alexander-Arnold, Kieran Trippier, Reece James, dan Kyle Walker.

Apa yang dilakukan Southgate ini menghadirkan pertanyaan tersendiri. Kenapa dia membawa full-back kanan sebanyak itu? Sejatinya, Southgate menyebut keputusannya lebih kepada alasan taktik.

"Saya sudah memikirkan ini matang-matang. Kami punya empat pemain yang biasa bermain sebagai full-back kanan di tim masing-masing. Malah, jika saya bisa bawa enam full-back kanan, akan dibawa semua. Ya, ini lebih kepada alasan taktik dan jaga-jaga, jika ada yang cedera," ujarnya.

Baca Juga: Daftar 33 Pemain Sementara Timnas Inggris di Piala Eropa 2020

2. Banyak pemain muda Inggris masuk skuat

Sempat Drama, Timnas Inggris Akhirnya Rilis Skuad Piala Eropa 2020goal.com

Southgate juga memasukkan beberapa legiun muda di dalam tim. Ada Phil Foden, Mason Mount, Bukayo Saka, Jude Bellingham, dan Jadon Sancho, yang jadi bagian The Three Lions. Mereka, sepanjang musim 2020/21, memang tampil konsisten di klub masing-masing.

Kredit juga layak diberikan kepada Jack Grealish. Dengan kemampuannya sebagai motor serangan, dia mampu mengangkat penampilan Aston Villa musim ini. Alhasil, tak heran Southgate memberikan kepercayaan kepada Grealish untuk masuk skuad Inggris di Piala Eropa 2020.

3. Daftar lengkap skuat Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2020

Sempat Drama, Timnas Inggris Akhirnya Rilis Skuad Piala Eropa 2020Inggris vs San Marino (Twitter.com/England)

Selain yang sudah disebutkan di atas, Inggris membawa sejumlah pemain senior yang sudah kenyang pengalaman macam Harry Kane, John Stones, Raheem Sterling, serta Jordan Pickford.

Berikut adalah daftar lengkap skuat Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2020:

Kiper: Dean Henderson, Sam Johnstone, Jordan Pickford

Bek: Trent Alexander-Arnold, Ben Chilwell, Conor Coady, Reece James, Harry Maguire, Tyrone Mings, Luke Shaw, John Stones, Kieran Trippier, Kyle Walker

Tengah: Jude Bellingham, Jordan Henderson, Mason Mount, Kalvin Phillips, Declan Rice

Depan: Dominic Calvert-Lewin, Phil Foden, Jack Grealish, Harry Kane, Marcus Rashford, Bukayo Saka, Jadon Sancho, Raheem Sterling

Baca Juga: Menyambut Masa Depan Timnas Inggris yang Cerah

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya