Sepekan TC, Timnas Indonesia Alami Kemajuan Positif

TC berlanjut ke pekan kedua

Jakarta, IDN Times - Sepekan sudah Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. Selama sepekan itu juga, skuad Garuda mengalami perkembangan yang positif.

Sejak Senin (28/11/2022), pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, menggeber anak asuhnya dengan latihan fisik. Para pemain kerap berlatih dua kali dalam satu hari. Pagi hari berlatih di gym, lalu sorenya ke lapangan.

"Memang latihan seminggu ini intensitasnya sangat tinggi dan program latihan timnas juga berjalan lancar. Para pemain mengikuti latihan dengan baik walaupun intensitasnya tinggi," kata Shin, dilansir situs resmi federasi.

1. Shin sempat fokuskan latihan ke penguatan otot dan fisik

Sepekan TC, Timnas Indonesia Alami Kemajuan PositifTC Timnas Indonesia di Bali. (pssi.org)

Shin menjelaskan, di pekan pertama TC ini dirinya memang fokus ke latihan penguatan otot dan fisik. Hal ini disebabkan fisik pemain yang anjlok, buah dari Liga 1 yang terhenti selama dua bulan sejak 2 Oktober 2022 akibat Tragedi Kanjuruhan.

"Memang dengan Liga 1 berhenti fisik semua anjlok. Karena itu latihan sekarang (polanya) pagi latihan di gym, sore latihan lari. Jadi sedikit demi sedikit (kondisi pemain) semakin membaik," ujar eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Baca Juga: Skema Pemanggilan Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

2. Pekan kedua, program latihan tak jauh beda

Sepekan TC, Timnas Indonesia Alami Kemajuan PositifTC Timnas Indonesia di Bali. (pssi.org)

Memasuki pekan kedua TC, Shin menyebut program latihannya tidak akan jauh berbeda. Penguatan otot dan peningkatan fisik pemain tetap jadi fokus utama. Dengan begitu, kekuatan fisik tim akan berkembang secara merata.

"Jadi saya memang sedang berusaha untuk membuat penguatan dasar karena dengan kompetisi berhenti jadi semua pemain hampir sama (kondisinya)," ujar Shin.

3. Timnas Indonesia tatap Piala AFF 2022

Sepekan TC, Timnas Indonesia Alami Kemajuan PositifIlija Spasojevic di TC Timnas Indonesia. (pssi.org)

TC di Bali ini digelar sebagai persiapan Timnas Indonesia jelang berlaga di Piala AFF 2022. Turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara itu digelar mulai 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama Kamboja, Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam. Skuad Garuda akan memulai perjalanan di Piala AFF 2022 pada 23 Desember 2022.

Baca Juga: 3 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya