Comscore Tracker

Sepekan TC Timnas U-16, Bima Sakti Soroti Komunikasi Antarpemain

Komunikasi jadi salah satu kekurangan Timnas U-16  

Jakarta, IDN Times - Sudah satu pekan lamanya Timnas U-16 menjalani pemusatan latihan (TC) di Sleman, Yogyakarta. Secara total ada 26 pemain turut bergabung dalam TC kali ini.

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, juga melakukan proses seleksi pemain. Alhasil, para pemain mesti menunjukkan kemampuan terbaik mereka agar nantinya bisa masuk dalam skuat Timnas U-16. TC sendiri, secara keseluruhan, sudah dimulai sejak 6 Desember lalu.

1. Bima soroti komunikasi antarpemain

Sepekan TC Timnas U-16, Bima Sakti Soroti Komunikasi AntarpemainBima Sakti. (Website/pssi/org)

Sebagai penutup pemusatan latihan pekan pertama, Bima menggelar internal game antarpemain. Hal ini dilakukan menyusul sulitnya Bima mengagendakan uji tanding dengan tim-tim lokal, menyusul pandemik COVID-19 yang masih melanda.

Dalam internal game tersebut, Bima membagi tim menjadi dua, yaitu tim Merah dan tim Putih. Kali ini, tim Putih berhasil keluar sebagai pemenang lewat gol tunggal Aditiya Daffa Al Haqi.

Selepas laga, Bima mengungkapkan timnya mengalami peningkatan performa. Para pemain baru juga sudah bisa melebur dengan tim. Namun, masih banyak hal yang perlu diperbaiki, salah satunya komunikasi.

“Ini gunanya kami adakan internal game di TC, untuk melihat sejauh mana para pemain sudah menyerap ilmu yang diberikan oleh tim pelatih. Saya rasa, kami masih harus bekerja lebih keras lagi, di sisa TC Yogyakarta, memperbaiki komunikasi, transisi, dan yang lainnya,” tambahnya.

Baca Juga: Pelatnas Timnas U-16, Bima Sakti Fokus Asah Taktik dan Fisik

2. Bima puji dua pemain Timnas U-16

Sepekan TC Timnas U-16, Bima Sakti Soroti Komunikasi AntarpemainPemain Timnas U-16. (Website/pssi.org)

Bima memberikan pujian untuk beberapa pemain yang tampil apik dalam internal game. Eks pemain Timnas Indonesia itu menyebutkan dua nama. Mereka adalah Marcell Januar Putra dan Aditiya Daffa Al Haqi.

“Marcell Januar Putra, dia mengkoordinir lini belakang dengan baik, dia juga yang suaranya terdengar sampai tempat di mana saya duduk (saat itu, Bima duduk di tribun penonton). Itu yang saya inginkan dari pemain lain,” jelas Bima.

Aditiya Daffa Al Haqi mendapat pujian karena dia pencetak satu-satunya gol di laga ini. Bima juga melihat Aditiya telah bekerja keras sepanjang permainan.

"Saya melihat dia tak kenal lelah berlari, mencari ruang hingga bisa cetak gol. Kredit positif untuk keduanya," katanya.

3. Latihan berlanjut lagi pada Senin (14/12/2020)

Sepekan TC Timnas U-16, Bima Sakti Soroti Komunikasi AntarpemainPemain-pemain Timnas U-16 (Dok. PSSI)

Minggu (13/12/2020) ini, latihan akan diliburkan untuk sementara. Latihan bakal dimulai lagi pada Senin (14/12/2020). Total, TC di Sleman ini akan berlangsung hingga 23 Desember mendatang.

TC ini merupakan bagian dari persiapan Timnas U-16 jelang ajang Piala AFC U-16. Ajang ini rencanaya akan dihelat di Bahrain pada 2021. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China. 

Baca Juga: Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa Agenda

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya