Serie A Amuk Dinkes Italia Usai 4 Laga Ditunda

Serie A diserang badai COVID-19

Jakarta, IDN Times - Pihak Lega Serie A kesal. Operator kompetisi sepak bola level tertinggi di Italia itu menyalahkan otoritas kesehatan atas tertundanya empat laga Serie A 2021/22 pada tengah pekan ini.

Total, empat laga harus mengalami penundaan akibat melonjaknya kasus COVID-19 di Italia. Empat laga yang ditunda itu adalah Bologna vs Inter Milan, Atalanta vs Torino, Salernitana vs Venezia, dan Fiorentina vs Udinese.

1. Ditunda karena perintah karantina

Serie A Amuk Dinkes Italia Usai 4 Laga Ditundabolognafc.it

Alasan ditundanya keempat laga tersebut karena Salernitana, Bologna, Torino, dan Udinese harus melakoni karantina selama lima hari, atas arahan pihak kesehatan setempat. Kasus COVID-19 tengah merebak di empat klub itu.

Alhasil, mereka tidak bisa tampil tengah pekan ini. Bukan cuma itu, mereka juga diprediksi tidak akan bisa mentas di laga Serie A pada Minggu dan Senin, 9 dan 10 Januari 2022.

Baca Juga: Bergabung pada Bursa Januari, 5 Pemain Ini Langsung Juara Serie A

2. Serie A memarahi pihak kesehatan

Serie A Amuk Dinkes Italia Usai 4 Laga Ditundapotret pemain AC Milan (acmilan.com)

Dilansir Football Italia, Serie A memarahi pihak kesehatan setempat. Dalam pernyataan resminya, mereka menyebut pihak kesehatan menciptakan kebingungan dan keputusan yang tidak tepat, yang dapat mengganggu sistem kompetisi olahraga di Italia.

Bahkan, pihak Serie A sudah berencana akan mengadukan pihak kesehatan setempat ini ke Arbitration Tribunal. Apalagi, penundaan empat laga ini dinilai memengaruhi juga kondisi ekonomi dari para klub tersebut.

3. Serie A sudah menyiapkan protokol terbaru

Serie A Amuk Dinkes Italia Usai 4 Laga DitundaTwitter

Padahal, baru-baru ini Serie A baru saja menerapkan protokol terbaru, untuk menghadapi varian Omicron yang tengah merebak. Protokol ini menyebut, laga Serie A bisa dihelat asal setiap klub yang bertanding punya 13 pemain dalam skuad.

Protokol ini sesuai dengan yang diterapkan UEFA di kompetisi Eropa. Bahkan, klub-klub Serie A boleh mengambil pemain-pemain Primavera, dengan syarat mereka lahir sebelum 31 Desember 2003, dan sudah dites negatif COVID-19 maksimal H-24 jam sebelum laga.

Serie A terkena dampak dari Omicron, sama seperti Premier League. Total, 90 pemain terpapar COVID-19. Namun, Serie A bersikeras kompetisi harus tetap dilanjutkan, termasuk laga-laga pada Minggu dan Senin, 9 dan 10 Januari 2022.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya