Serie A atau Premier League, Siapa Bisa Loloskan 8 Tim ke Eropa?

Serie A dan Premier League ciamik musim ini

Jakarta, IDN Times - Selama kompetisi Eropa musim 2022/23, tim-tim Serie A dan Premier League tampil memukau. Bahkan, ada kemungkinan dua kompetisi ini bisa mengirimkan delapan tim ke Eropa musim depan?

Bicara soal Serie A, ada tiga wakil yang mentas di final kompetisi Eropa musim ini. Inter Milan mentas di final Liga Champions, disusul AS Roma yang mentas di final Liga Europa. Kemudian, ada Fiorentina yang mentas di final Conference League.

Sedangkan Premier League, ada dua wakil mereka yang tampil di final kompetisi Eropa. Manchester City mentas di final Liga Champions, sedangkan West Ham United dipastikan mentas di final Conference League.

Nah, bagaimana skema agar kedua kompetisi itu bisa mengirimkan delapan tim ke Eropa musim depan?

1. Skema Serie A kirim delapan negara ke kompetisi Eropa

Serie A atau Premier League, Siapa Bisa Loloskan 8 Tim ke Eropa?Napoli vs AS Roma di Serie A. (ANTARA FOTO/Reuters-Ciro De Luca)

Ada satu skenario yang bisa membuat Serie A mengirim delapan tim ke kompetisi Eropa musim depan. Hal itu merupakan buah dari keberhasilan tiga tim mereka mentas di final kompetisi Eropa musim ini.

Syarat pertama, Roma harus menang Liga Europa, tetapi finis di luar empat besar. Dengan begitu, lima tim Italia akan lolos ke Liga Champions musim depan. Syarat kedua, Fiorentina harus menang Conference League, dan tidak memenangi Coppa Italia.

Dengan begitu, Fiorentina akan lolos ke Liga Europa, melengkapi satu tim yang nantinya akan lolos ke Liga Europa via peringkat. Lalu, peringkat tertinggi Serie A selanjutnya, kemungkinan tujuh, akan tetap mentas di Conference League.

Baca Juga: Saat Inter Menolong Milan Lolos ke Liga Champions 

2. Skenario Premier League kirim delapan tim ke kompetisi Eropa

Serie A atau Premier League, Siapa Bisa Loloskan 8 Tim ke Eropa?Potret duel West Ham vs Manchester United, Senin (8/5/2023). (premierleague.com)

Sama seperti Serie A, Premier League juga berpeluang mengirim delapan tim ke kompetisi Eropa musim depan. Syaratnya pun lebih mudah dibandingkan Serie A.

Saat ini, Inggris dipastikan sudah punya tujuh wakil di kompetisi Eropa, yakni empat di Liga Champions, dua di Liga Europa, dan satu di Conference League. Nah, wakil mereka di Liga Europa masih bisa bertambah.

Syaratnya, West Ham harus memenangi partai final Conference League lawan Fiorentina. Jika West Ham menang, mereka akan menemani Liverpool dan Brighton yang sudah dipastikan lolos ke Liga Europa.

3. Maksimal delapan tim yang bisa lolos ke kompetisi Eropa

Serie A atau Premier League, Siapa Bisa Loloskan 8 Tim ke Eropa?Manchester City gilas Arsenal 4-1, di Etihad Stadium, Kamis (27/4/2023). (premierleague.com)

Dilansir Sky Sports, sejatinya setiap liga top Eropa, dalam hal ini Serie A dan Premier League, hanya bisa meloloskan tujuh tim saja ke kompetisi Eropa. Namun, jumlah ini bisa bertambah jadi delapan dengan satu kondisi.

Kondisi tersebut adalah, ada tim yang meraih titel kompetisi Eropa, baik itu Liga Europa maupun Conference League. Jika itu terjadi, delapan tim dipastikan bisa mentas di kompetisi Eropa, dan itu berpeluang dilakukan Premier League atau Serie A musim depan.

Baca Juga: MU Amankan Satu Tempat di Liga Champions Musim Depan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya