Comscore Tracker

Serie A Memanas, Juventus, Milan, Napoli Berebut Tiket 4 Besar!

Ada skema bernama Classifica Avulsa

Jakarta, IDN Times - Setelah Atalanta berhasil mengunci satu posisi di empat besar, sekarang adu pacu posisi empat besar Serie A 2020/21 menyisakan tiga tim, yaitu Juventus, AC Milan, dan Napoli. Mereka masih berpeluang mendapatkan, atau bahkan gagal masuk posisi empat besar Serie A.

Hasil imbang yang didapat Milan, plus kemenangan yang diraih Napoli dan Juventus, membuat balapan menuju posisi empat besar Serie A memanas. Dengan sisa satu laga di Serie A, banyak skema empat besar yang bisa terjadi di akhir musim nanti. Berikut IDN Times menyajikannya untuk kamu.

1. AC Milan lolos empat besar jika. . .

Serie A Memanas, Juventus, Milan, Napoli Berebut Tiket 4 Besar!AC Milan. (Twitter.com/acmilan)

Gara-gara hasil imbang lawan Cagliari, AC Milan gagal mengikuti jejak Atalanta mengunci satu posisi di empat besar. Sekarang, mereka baru mengumpulkan 76 poin. Di laga pamungkas nanti, Milan bakal berhadapan dengan Atalanta.

Jika Milan mampu mengalahkan Atalanta, selain mengunci posisi empat besar, mereka juga akan mengangkangi Atalanta dan bertengger di posisi kedua, berkat keunggulan poin. Belum lagi, Milan juga punya head-to-head yang baik dengan Napoli dan Juventus.

Situasi akan jadi sulit jika Milan kalah atau imbang. Napoli dan Juventus yang ada di bawah mereka berpotensi untuk menyusul.

Baca Juga: Inter Milan Bekuk AC Milan, Lautaro Martinez Cetak Dua Gol

2. Napoli lolos empat besar jika. . .

Serie A Memanas, Juventus, Milan, Napoli Berebut Tiket 4 Besar!Twitter/mrancelotti

Tidak ada cara lain bagi Napoli untuk lolos empat besar selain menundukkan Hellas Verona di laga pamungkas Serie A 2020/21 nanti. Saat ini, mereka baru mendulang 76 poin. Jika menang dan di laga lain Milan kalah, Napoli bahkan bisa finis di posisi ketiga.

Kemenangan wajib Napoli raoh karena mereka punya head-to-head yang buruk dengan Juventus dan Milan. Imbang atau kalah dari Verona, bisa-bisa mereka akan terdampar ke Liga Europa musim depan.

3. Juventus lolos empat besar jika. . .

Serie A Memanas, Juventus, Milan, Napoli Berebut Tiket 4 Besar!juvefc.com

Nah, situasi lebih sulit dihadapi oleh Juventus. Selain harus mengalahkan Bologna di laga pamungkas, mereka juga mesti bergantung pada hasil Milan dan Napoli di laga terakhir Serie A 2020/21 nantinya.

Jika menang, Juventus akan membukukan 76 poin. Torehan poin ini akan berarti apabila Milan dan Napoli kalah. Jadi, Juventus akan bertengger di posisi empat. Jika Napoli atau Milan menang, pupus sudah harapan Juventus lolos empat besar.

4. Skema tambahan bernama Classifica Avulsa

Serie A Memanas, Juventus, Milan, Napoli Berebut Tiket 4 Besar!Pemain Inter Milan Aleksandar Kolarov berebut bola dengan pemain AC Milan Brahim Diaz saat pertandingan perempat final Coppa Italia di Stadion San Siro, Milan, Rabu (27/1/2021) dini hari. Inter Milan memenangi pertandingan dengan skor 2-1 dan melaju ke semifinal. ANTARA FOTO/REUTERS/Daniele Mascolo

Ada potensi munculnya tambahan skema baru, jika Juventus nantinya menang, lalu Napoli serta Milan kalah dari lawan mereka masing-masing di laga pamungkas. Skema itu bernama Classifica Avulsa, yang akan menghitung head-to-head dan selisih gol antara Milan, Juventus, dan Napoli.

Dengan skema macam itu, Milan, Juventus, dan Napoli akan sama-sama menorehkan 76 poin. Nah, saat torehan poin ketiganya sama, Classifica Avulsa ini akan diterapkan. Kira-kira begini rinciannya.

Hasil head-to-head di liga

Milan

Milan 1-3 Juventus
Juventus 0-3 Milan
Napoli 1-3 Milan
Milan 0-1 Napoli

Napoli

Napoli 1-3 Milan
Milan 0-1 Napoli
Napoli 0-1 Juventus
Juventus 2-1 Napoli

Juventus

Milan 1-3 Juventus
Juventus 0-3 Milan
Napoli 1-0 Juventus
Juventus 2-1 Napoli

Hasil Classifica Avulsa

Milan meraih 6 poin (7 kali memasukkan, 5 kali kemasukan, selisih gol +2)
Juventus meraih 6 poin (5 kali memasukkan, 6 kali kemasukan, selisih gol -1)
Napoli meraih 6 poin (4 kali memasukkan, 5 kali kemasukan, selisih gol -1)

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Jarang Diketahui Pernah Bermain untuk Juventus

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya