Serie A Sudah Tentukan 4 Wakil di Liga Champions Musim Depan

AC Milan dan Inter Milan masih berebut scudetto musim ini

Jakarta, IDN Times - Gelaran Serie A 2021/22 memang belum tuntas. Masih tersisa tiga laga lagi menuju pekan 38. Namun, ada kepastian yang sudah didapat oleh kompetisi level tertinggi sepak bola Italia tersebut, yaitu wakil Liga Champions 2022/23.

Serie A sudah pasti meloloskan AC Milan, Inter Milan, Napoli, dan Juventus ke Liga Champions musim depan. Kepastian itu didapat selepas AS Roma meraih hasil imbang lawan Bologna di pekan 35, Senin (2/5/2022) dini hari WIB.

Hasil ini membuat posisi Juventus di posisi empat sudah tak mungkin tergeser lagi. Kenapa demikian?

1. Juventus berselisih 10 poin dengan Roma dan Lazio

Serie A Sudah Tentukan 4 Wakil di Liga Champions Musim DepanLaga Juventus vs AS Roma di Serie A. (ANTARA FOTO/REUTERS/Massimo Pinca)

Gara-gara hasil imbang lawan Bologna, selisih poin Roma dengan Juventus tertahan di angka 10. Pun dengan Lazio yang kendati menang atas Spezia, harus rela berselisih 10 poin dengan Juventus.

Dengan sisa tiga laga Serie A 2021/22, sudah tak mungkin lagi Roma dan Lazio mengejar. Meskipun mereka menyapu bersih tiga laga sisa, poin maksimal yang bisa mereka dapat cuma sembilan. Selisih 10 poin dengan Juventus tak akan terkejar.

Baca Juga: Panas Banget! Serie A dan Premier League Belum Ada yang Juara

2. Roma dan Lazio gagal lagi ke Liga Champions

Serie A Sudah Tentukan 4 Wakil di Liga Champions Musim DepanAS Roma berhadapan dengan Napoli. (instagram.com/officialasroma)

Kegagalan Roma dan Lazio finis di posisi empat musim ini, mengulangi hasil serupa mereka musim lalu. Di musim 2021/22, Roma dan Lazio juga gagal finis di posisi empat besar. Mereka kalah saing dengan Atalanta yang kala itu benar-benar ciamik.

Musim ini, Lazio, Roma, dan Atalanta bernasib sama. Mereka sudah dipastikan tak akan bisa mentas lagi di Liga Champions. Paling banter, ketiga klub ini bakal memperebutkan tempat di Liga Europa serta UEFA Conference League.

Roma sendiri memiliki jalan lain untuk menuju ke Liga Europa. Terlepas finis di peringkat berapa pun mereka kelak, Roma bisa ke Liga Europa musim depan jika menjuarai Conference League musim ini.

3. Duo Milan dan Juventus yang masih meraja

Serie A Sudah Tentukan 4 Wakil di Liga Champions Musim DepanOlivier Giroud cetak gol buat AC Milan. (twitter.com/acmilan)

Dari empat wakil Serie A musim ini yang dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan, ada tiga nama yang patut diberi perhatian. Mereka adalah Inter Milan, AC Milan, dan Juventus. Trio klub ini kembali menorehkan catatan apik musim ini.

Khusus Juventus, meski sempat terseok, mereka perlahan bangkit dan mampu naik ke posisi empat klasemen sementara Serie A 2021/22. Sedangkan bagi duo Milan, mereka memang sudah jadi tim kuat sejak musim lalu.

Musim ini, catatan wakil Serie A di Liga Champions tidak terlalu apik. Inter Milan dan Juventus hanya mampu tembus babak 16 besar. Mereka tumbang dari lawan-lawannya. Akankah capaian wakil Italia membaik musim depan?

Baca Juga: Duo Milan Terdepan dalam Perebutan Gelar Serie A

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya