Comscore Tracker

Sesumbar Pelatih Thailand: Saya Sudah Tahu Timnas U-19

Timnas U-19 akan bersua Thailand

Jakarta, IDN Times - Selepas kemenangan besar lawan Brunei Darussalam, Senin (4/7/2022) malam, Timnas Indonesia U-19 tidak boleh langsung berpuas diri. Sebab, pada laga ketiga, Rabu (6/7/2022), sudah ada lawan kuat yang menanti mereka, yaitu Thailand.

Dari enam tim yang berlaga di Grup A Piala AFF U-19 2022, Thailand jadi paling stabil. Sejauh ini, mereka sudah membukukan dua kemenangan, berbalut raihan enam poin. Catatan ini jadi peringatan tersendiri bagi Timnas U-19.

Belum lagi, ada pengakuan mengejutkan yang dilontarkan pelatih Thailand U-19, Salvador Valero Garcia. Pria asal Spanyol itu mengaku, sudah paham Indonesia luar dan dalam.

1. Garcia akui sudah kenal betul permainan Indonesia

Sesumbar Pelatih Thailand: Saya Sudah Tahu Timnas U-19Timnas U-19 lawan Vietnam. (IDN Times/Tata FIrza)

Dalam sesi jumpa pers selepas laga lawan Myanmar, Garcia mengaku sudah mengenali betul permainan Indonesia. Garcia sudah rutin bersua Indonesia, bahkan sejak menangani Timnas U-16. Dia sudah hafal betul karakter permainan Indonesia.

"Saya juga memantau Indonesia, tahu semua pemain, taktik, dan caranya bermain. Saya sudah ketemu mereka empat kali. Jadi, bisa dibilang saya lebih tahu Indonesia," ujar Garcia.

Baca Juga: Timnas Wanita Digasak Thailand, Rekor Buruk Berlanjut

2. Garcia suka semua pemain Indonesia

Sesumbar Pelatih Thailand: Saya Sudah Tahu Timnas U-19Aksi para pemain Timnas U-19 saat berhasil mengalahkan Brunei Darussalam di babak penyisihan Piala AFF U-19 2022, Senin (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Rutin berhadapan dengan Indonesia, baik itu di level U-16 maupun U-19, membuat Garcia juga tahu kualitas pemainnya. Sejak era Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa, hingga sekarang angkatan Marselino Ferdinan, dia tahu dan suka semua pemain tersebut.

"Saya tahu Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi. Dalam skuad ini, saya juga tahu Marselino Ferdinan, pemain kunci juga. Sayang juga di laga nanti tak ada (Muhammad) Ferrari, karena dia juga jadi pemain kunci di Timnas Indonesia U-29 yang sekarang," ujar Garcia.

3. Garcia siap adu strategi dengan Shin

Sesumbar Pelatih Thailand: Saya Sudah Tahu Timnas U-19Shin Tae Yong sedang berdiskusi dengan tim pelatih Timnas U-19 Indonesia di salah satu laga Piala AFF U-19. (IDN Times/Tata Firza)

Jika dahulu yang dihadapi Garcia adalah Bima Sakti, sekarang akan berhadapan dengan Shin Tae Yong. Melawan Shin, Garcia tidak gentar. Bahkan, dia siap beradu strategi dengan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

"Timnas U-19 sekarang punya pelatih yang kuat. Namun, mari kita lihat bagaimana mereka bermain. Saya harus mempelajari semua kemungkinan yang ada, karena pasti mereka akan melakukan perubahan," ujar Garcia.

Baca Juga: Klasemen Piala AFF U-19: Timnas U-19 Naik Jadi Runner-Up

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya