Setelah 42 Tahun, Timnas Indonesia Akhirnya Kalahkan Kuwait

Terakhir, Indonesia mengalahkan Kuwait pada 1980

Jakarta, IDN Times - Catatan apik ditorehkan oleh Timnas Indonesia dalam laga perdana Kualifikasi Piala Asia 2023. Bersua Kuwait di Jaber Al Ahmad International Stadium, Rabu (8/6/2022) malam, tim Merah Putih sukses merengkuh kemenangan.

Sempat tertinggal lewat gol Youssef Al Sulaiman, Indonesia balik mengejar berkat torehan gol Marc Klok dan Rachmat Irianto. Hasil positif ini jadi bekal bagi tim Merah Putih, dalam perjalanan mereka menuju putaran final Piala Asia 2023.

Dari kemenangan ini juga, Indonesia mencatatkan torehan positif. Akhirnya, mereka bisa menundukkan lagi Kuwait setelah sekian tahun lamanya.

1. Indonesia menang lagi atas Kuwait setelah 1980

Setelah 42 Tahun, Timnas Indonesia Akhirnya Kalahkan KuwaitTimnas Indonesia bersua Kuwait. (Dok. PSSI)

Pada 1980, Indonesia sempat menundukkan Kuwait. Ketika itu, dalam ajang Turnamen Merdeka, tim Merah Putih sempat menundukkan Kuwait dengan skor 2-1. Setelah itu, kemenangan cukup sulit didapat Indonesia.

Akhirnya, setelah menanti 42 tahun, Indonesia akhirnya bisa menundukkan Kuwait. Bahkan, kemenangan ini didapat dalam ajang yang bergengsi, yakni di babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: [BREAKING] Luar Biasa! Timnas Indonesia Bekuk Kuwait 2-1

2. Indonesia ikuti Malaysia dan Thailand

Setelah 42 Tahun, Timnas Indonesia Akhirnya Kalahkan KuwaitTimnas Indonesia bersua Kuwait. (Dok. PSSI)

Kemenangan atas Kuwait memastikan Indonesia mengikuti langkah Thailand dan Malaysia di laga perdana Kualifikasi Piala Asia 2023. Thailand sukses menundukkan Maladewa, sedangkan Malaysia mengalahkan Turkmenistan.

Hasil-hasil ini menjadi bukti, level sepak bola Asia Tenggara sudah tinggi dan bisa bersaing dengan tim-tim lainnya. Mereka membuka jalan masing-masing menuju putaran final Piala Asia 2023.

3. Perjalanan Timnas Indonesia belum usai

Setelah 42 Tahun, Timnas Indonesia Akhirnya Kalahkan KuwaitTimnas Indonesia lawan Taiwan di leg kedua Kualifikasi Piala Asia 2023. (pssi.org)

Meski menang, Timnas Indonesia tidak boleh berpuas diri. Sebab, masih ada dua laga sisa yang mesti mereka lakoni. Pada Minggu (12/6/2022), Indonesia akan bersua Yordania. Lanjut pada Rabu (15/6/2022), Indonesia bersua Nepal.

Cukup meraih satu kemenangan lagi, Timnas Indonesia bisa memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia 2023. Dengan begitu, tim Merah Putih bisa mengajukan diri sebagai tuan rumah usai China mengundurkan diri.

Baca Juga: PSSI Berencana Fokuskan Shin Tae Yong di Timnas U-20

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya