Shin Tae Yong: Laos Lawan Timnas Indonesia Paling Lemah

Shin Tae Yong yakin Indonesia bisa kalahkan Laos

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, melontarkan komentar yang cukup nyeleneh bahkan bisa dibilang ini jadi psywar kepada lawannya, Laos. Dalam sesi jumpa pers pada Sabtu (11/12/2021), dia menyebut Laos adalah tim yang paling lemah di Grup B Piala AFF 2020.

"Sebenarnya, kalau mau jujur, Laos itu tim yang paling lemah di grup kami. Tidak enak juga saya bilang ini. Tapi, memang Laos banyak kemasukan di Grup B. Secara kemampuan, pemain mereka kurang baik juga," tutur Shin.

1. Perubahan yang dilakukan Laos sering gagal

Shin Tae Yong: Laos Lawan Timnas Indonesia Paling LemahVietnam di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Shin mengungkapkan, Laos sering melakukan perubahan terhadap gaya permainannya. Namun, perubahan tersebut justru membuat Laos terpuruk. Baik itu memilih main bertahan ketika lawan Vietnam, maupun tampil menyerang saat jumpa Malaysia, Laos tetap kalah.

"Jadi laga pertama mereka lawan Vietnam, main di bawah dan bertahan. Tapi, karena kalah dengan cara main seperti itu, lawan Malaysia mereka coba main menyerang. Namun, mereka kebobolan lebih banyak gol. Melihat ini, saya yakin menang lawan Laos," ujar Shin.

Baca Juga: Heboh, Malaysia Diisukan WO dari Piala AFF Usai Krisis

2. Laos sudah siapkan diri lawan Indonesia

Shin Tae Yong: Laos Lawan Timnas Indonesia Paling LemahInfografis Indonesia vs Laos (IDN Times / Aditya Pratama)

Pelatih Laos, Vengadasalam Selvaraj, mengaku sudah berdiskusi dengan pemain soal strategi yang akan diterapkan lawan Indonesia. Menurutnya, Laos sudah belajar dari dua kekalahan yang mereka dapat di laga lawan Malaysia dan Vietnam.

"Kami membandingkan dua laga terakhir dan mengambil kesimpulan apa kelebihan serta kekurangan di sana. Para pemain mengerti dan setuju. Sekarang, kami siap menghadapi laga selanjutnya dan sudah menyiapkan rencana khusus. Saya harap itu bisa berjalan dengan baik," ujar Selvaraj.

3. Shin tidak akan mengubah filosofi permainan Indonesia

Shin Tae Yong: Laos Lawan Timnas Indonesia Paling LemahTimnas U-23 lawan Australia. (pssi.org)

Meski percaya diri Indonesia akan menang, Shin mengaku tidak akan mengubah filosofi permainan di laga lawan Laos. Yang jelas, dia hanya meminta dua hal kepada para pemainnya, selalu lapar dan haus akan gol.

"Saya minta kepada para pemain depan agar mereka selalu lapar dalam mencetak gol. Meski sudah cetak satu atau dua gol, tapi pemain harus terus menambahnya. Makanya, kami harus memanfaatkan setiap peluang dengan baik," tutur Shin.

Baca Juga: 5 Timnas dengan Skuad Termahal di Piala AFF, Ada Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya