Comscore Tracker

Shin Tae Yong Ralat Komentar Soal Timor Leste Lemah

Shin sempat sebut Timor Leste lemah

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, meralat ucapannya soal Timor Leste. Sempat bilang Timor Leste lemah, Shin kini mengakui kalau sang lawan memiliki kekuatan di atas ekspektasinya.

Menurutnya, dari segi permainan, Timor Leste memiliki kemampuan passing dan mobilitas dari para pemainnya bagus. Fakta tersebut membuat Shin cukup tertantang buat menyiapkan skuadnya di laga ini.

"Saya sering menonton mereka ketika Piala AFF 2020. Mereka melebihi ekspektasi saya, secara operan baik. Mereka juga punya mobilitas yang bagus, tetapi kami tidak akan lengah, tetap menyiapkan diri," ujar Shin dalam sesi jumpa pers, Rabu (26/1/2022).

1. Evan Dimas utarakan hal yang sama

Shin Tae Yong Ralat Komentar Soal Timor Leste LemahEvan Dimas dan Irfan Jaya merayakan gol Indonesia di Piala AFF / PSSI

Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas, juga mengutarakan hal yang sama perihal Timor Leste. Evan merasa Timor Leste mengalami perkembangan permainan yang positif, seperti halnya beberapa negara Asia Tenggara lain.

"Saya juga melihat memang sepak bola di Asia Tenggara ini makin berkembang, termasuk Timor Leste. Kami tidak boleh kalah semangat dari Timor Leste. Sebab, para pemain Timor Leste selalu punya semangat dua kali lipat saat lawan Indonesia," tutur Evan.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Maaf, Timor Leste Tak Tangguh

2. Shin sempat sebut Timor Leste tidak tangguh

Shin Tae Yong Ralat Komentar Soal Timor Leste LemahTimor Leste tak bisa berbuat banyak di Piala AFF dan hanya jadi juru kunci Grup A Piala AFF 2020 tanpa sekalipun meraih kemenangan. (affsuzukicup.com)

Pernyataan Shin soal Timor Leste ini jadi hal menarik. Sebelumnya, pria Korea Selatan itu sempat menyebut Timor Leste tidak terlalu tangguh untuk menguji kemampuan skuad Garuda.

"Maaf, jika boleh jujur, Timor Leste tak terlalu bagus. Saya hanya menonton mereka di Piala AFF saja," kata Shin dikutip di kanal YouTube PSSI, Senin (24/1/2022).

3. Rekor apik Indonesia saat bersua Timor Leste

Shin Tae Yong Ralat Komentar Soal Timor Leste Lemah(Timnas Indonesia Vs Timor Leste di Piala AFF 2018) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Secara head to head, Timnas Indonesia masih sangat tangguh di hadapan Timor Leste. Dalam empat pertemuan yang sudah berlangsung sejak terdaftar sebagai bagian dari konfederasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) dan Asia (AFC) pada 2004 silam, Timor Leste tak pernah menang.

Pertemuan pertama yang digelar pada 2010 lalu, mereka dibuat tak berdaya dengan kalah telak 0-6 dari Timnas Indonesia. Dua tahun setelahnya, mereka sedikit tampil mengejutkan dan bermain bagus walau pada akhirnya kalah tipis 0-1.

Lalu, di pertemuan ketiga pada 2014, Timnas Indonesia yang tengah mempersiapkan diri menuju Piala AFF, menjajal Timor Leste lagi. Hasilnya, sang tamu dibabat habis 4-0 dalam duel tersebut.

Pertemuan terakhir kedua negara terjadi empat tahun lalu, saat keduanya berada satu grup di Piala AFF 2018. Timor Leste pertama kalinya berhasil membobol gawang Timnas Indonesia. Namun, mereka kalah 1-3 dalam pertandingan itu.

Sekarang, Timnas Indonesia dijadwalkan bertemu Timor Leste dalam dua kesempatan, yakni 27 dan 30 Januari 2022, dalam laga bertajuk FIFA Matchday. Laga ini rencananya akan dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Baca Juga: Laga Indonesia Vs Timor Leste Resmi Dihelat Tanpa Penonton

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya