Shin Tae Yong: Timnas, Persib, dan Persija Sama-Sama Susah

Shin ingin semua pihak saling mengerti

Jakarta, IDN Times - Masalah pemanggilan pemain kembali melanda Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday. Lagi-lagi, Persib dan Persija jadi pesakitan lantaran susah melepas pemain. Hal ini bikin pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, geleng-geleng kepala.

Shin pun berujar, sejatinya Persib dan Persija harus memahami situasi timnas. Sebab, pada akhirnya, baik itu Persib, Persija, dan Timnas Indonesia, sama-sama berada dalam situasi rugi setiap kali ada pemanggilan pemain.

"Memang sedang ada masalah di Persija dan Persib sekarang. Tapi sebenarnya bukan salah mereka, Persija juga lagi rugi, begitu juga Persib. Kita juga sama," ujar Shin di Stadion PTIK, Senin (20/3/2023).

1. Shin paham kondisi klub, tetapi panggilan timnas tetap penting

Shin Tae Yong: Timnas, Persib, dan Persija Sama-Sama SusahPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Shin berkata, dia memahami situasi klub, termasuk Persija dan Persib. Apalagi, Persija dan Persib juga tentu ingin mengejar prestasi di liga. Namun, Shin menegaskan bahwa panggilan timnas tetap di atas segala-galanya.

"Sebagai pelatih, ya pasti tidak mau lepas pemain karena mereka bertanggung jawab atas prestasi tim. Kalau sudah dibawa ke Indonesia, ya Indonesia harus bisa tanggung jawab," ujar Shin.

Baca Juga: Balas Kritikan, Shin Tae Yong: Pelatih Persija Jangan Cari Keuntungan

2. Jadwal liga harus dibenahi

Shin Tae Yong: Timnas, Persib, dan Persija Sama-Sama SusahPersija Jakarta di ajang Liga 1 2022/23. (dok. Persija)

Ke depan, Shin pun meminta agar PSSI dan operator kompetisi membenahi jadwal liga. Dengan begitu, tak akan ada lagi bentrokan antara klub dan Timnas Indonesia. Sehingga, pemain pun bisa membela timnas dengan tenang, tanpa terganggu kepentingan klub.

"Jadi memang sebenarnya tidak boleh membuat jadwal liga seperti ini (bentrok dengan agenda Timnas). Saya mau mempertegas masalah jadwal liga, harus diperbaiki dan jangan seperti sekarang," ujar Shin.

3. Persija dan Persib berkontribusi bagi Timnas Indonesia

Shin Tae Yong: Timnas, Persib, dan Persija Sama-Sama SusahPersib vs Persija di ajang Liga 1 2022/23. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jelang laga FIFA Matchday lawan Burundi, 25 dan 28 Maret, Timnas Indonesia sudah memanggil 28 pemain. Nah, sembilan dari 28 pemain itu berasal dari Persija dan Persib, dengan rincian enam dari Persija dan tiga dari Persib.

Hal ini menunjukkan bahwa ada kontribusi dari Persija dan Persib untuk Timnas Indonesia. Alhasil, tak heran Shin Tae Yong pusing sendiri ketika para pemain dari dua klub ini urung bergabung dengan Timnas dalam sesi pemusatan latihan.

Baca Juga: Shin Tae Yong Sindir Jiwa Nasionalisme Egy Maulana Vikri

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya