Comscore Tracker

Siapa Motor Serangan Belgia di Laga Pembuka Piala Eropa 2020?

Ada empat nama dari Belgia, selain De Bruyne

Jakarta, IDN Times - Belgia harus menghadapi laga pembuka Piala Eropa 2020 dengan pincang. Pasalnya, mereka tidak akan diperkuat oleh motor serangan mereka, Kevin De Bruyne, yang masih menderita cedera.

De Bruyne mendapatkan cedera parah di final Liga Champions 2020/21, setelah berduel dengan Antonio Ruediger. Alhasil, ia sampai harus menjalani operasi di wajahnya, dan diprediksi tidak akan ambil bagian di laga perdana Belgia di Piala Eropa 2020.

Lalu, dengan ketiadaan De Bruyne ini, siapa yang bakal jadi motor serangan Belgia dalam pertandingan melawan Rusia, Minggu (13/6/2021) dini hari mendatang?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Aturan Skuad Tim Peserta Piala Eropa 2020, Sudah Tahu?

1. Eden Hazard

Siapa Motor Serangan Belgia di Laga Pembuka Piala Eropa 2020?twitter.com/InfiniteMadrid

Kendati tampil inkonsisten bersama Real Madrid, kemampuan Eden Hazard sebagai motor serangan masih diperlukan Belgia. Dalam laga uji coba terakhir Belgia melawan Kroasia, Hazard sempat dicoba oleh pelatih Belgia, Roberto Martinez.

Di pertandingan itu, Hazard dimainkan oleh Martinez untuk mengisi posisi gelandang serang. Meski cuma tampil selama sembilan menit, Hazard menunjukkan bahwa ia masih punya kualitas.

Hazard mampu jadi pengalir bola, plus membantu Dries Mertens membangun serangan untuk Belgia. Di laga Piala Eropa 2020 lawan Rusia kelak, kemampuan Hazard setidaknya masih memberikan sesuatu yang positif untuk Belgia.

2. Yannick Carrasco

Siapa Motor Serangan Belgia di Laga Pembuka Piala Eropa 2020?twitter.com/CarrascoY21

Nama lain yang dapat jadi motor serangan Belgia adalah Yannick Carrasco. Ia tampil ciamik sepanjang musim 2020/21 ini bersama Atletico Madrid, dan sukses mengantarkan Atletico juara LaLiga 2020/21.

Tercatat, Carrasco berhasil mencetak rataan umpan kunci sebanyak 1,4 kali per laga, plus rataan dribel sebanyak 2,1 kali per laga bersama Atletico di musim 2020/21. Di laga uji coba lawan Kroasia pun, Carrasco konstan jadi ancaman.

Dengan kemampuannya ini, Carrasco pun diharapkan dapat menjadi moto serangan Belgia di laga lawan Rusia kelak. Setidaknya, ia tidak harus membuat seorang Dries Mertens bekerja sendirian.

Baca Juga: Kevin De Bruyne, Bintang Manchester City yang Disia-siakan Chelsea

3. Dries Mertens

Siapa Motor Serangan Belgia di Laga Pembuka Piala Eropa 2020?goal.com

Ketiadaan De Bruyne akibat cedera membuat beban sebagai motor serangan Belgia selama uji tanding jatuh di pundah Dries Mertens. Selama musim 2020/21, Mertens tampil baik bersama Napoli.

Total, Mertens mampu menorehkan rataan umpan kunci sebesar 1,3 kali per laga, berpadu dengan rataan tembakan sebanyak 1,8 kali per laga. Tidak hanya sebagai kreator serangan, Mertens juga bisa jadi seorang finisher yang apik.

Asal ditemani oleh rekan yang tepat, entah itu nantinya Hazard atau Carrasco, Mertens bisa jadi pendobrak lini pertahanan lawan. Ia juga akan jadi pemain yang bisa memanfaatkan ruang yang disajikan penyerang Belgia, Romelu Lukaku.

Baca Juga: 5 Kandidat yang Diprediksi Meraih Pemain Terbaik di Piala Eropa 2020

4. Romelu Lukaku

Siapa Motor Serangan Belgia di Laga Pembuka Piala Eropa 2020?Pesepak bola Belgia Romelu Lukaku (kiri) melakukan selebrasi dengan rekannya Dries Mertens (kedua kiri) setelah berhasil mencetak gol ke gawang Kroasia dalam laga persahabatan jelang Euro 2020, di Stadion Raja Baudouin, Brussels, Belgia, Minggu (6/6/2021). Belgia mengalahkan Kroasia 1-0 lewat gol tunggal yang di cetak Romelu Lukaku . ANTARA FOTO/Reuters-Yves Herman.

Bersama Inter Milan, Romelu Lukaku tumbuh jadi penyerang yang komplet. Bukan cuma tajam dalam mencetak gol, Lukaku juga andal dalam membuka ruang dan menjadi distributor di lini serang.

Total, sepanjang musim 2020/21, Lukaku mencetak 24 gol bersama Inter di Serie A. Ia juga mencatatkan rataan umpan kunci dan tembakan per laga yang tinggi, yakni 1,4 kali dan 2,8 kali.

Dengan ketiadaan De Bruyne, Lukaku bisa menjadi motor serangan Belgia di laga pembuka Piala Eropa 2020 ini. Ia bisa berkolaborasi dengan Mertens, Hazard, ataupun Carrasco untuk mendobrak pertahanan lawan.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya