Siapa yang Jadi Kapten Timnas U-22 di SEA Games 2023?

Kapten ditentukan berdasarkan psikotes

Jakarta, IDN Times - Jelang keberangkatan Timnas U-22 ke SEA Games 2023, ada satu hal yang masih disembunyikan oleh sang pelatih, Indra Shafri. Dia belum mengumumkan dan menentukan siapa kapten dari skuad Garuda Muda.

Ada dua pemain yang disebut-sebut jadi kandidat kapten Timnas U-22 di SEA Games 2023. Mereka adalah Rizky Ridho dan Witan Sulaeman. Bagaimana tanggapan Indra Sjafri terkait potensi kapten di tim ini?

1. Penentuan kapten berdasarkan psikotes

Siapa yang Jadi Kapten Timnas U-22 di SEA Games 2023?Timnas U-22 lawan Bhayangkara FC. (Dok. PSSI)

Indra mengaku, sosok kapten nanti akan dipilih berdasarkan hasil psikotes yang sudah dia dan staf pelatih Timnas U-22 lakukan. Dari psikotes itu, dia akan menilai siapa yang paling cocok jadi kapten nantinya.

"Kita juga ingin informasi tentang siapa yang paling diunggulkan untuk jadi kapten lewat tes psikologis (psikotes)," ujar Indra di Jakarta, Senin (24/4/2023).

Baca Juga: Timnas U-22 ke Kamboja Besok, Tancap Gas buat SEA Games 2023

2. Kapten akan dipilih berdasarkan rekomendasi pemain

Siapa yang Jadi Kapten Timnas U-22 di SEA Games 2023?Latihna timnas U-22 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dari psikotes ini juga, Indra ingin melihat siapa pemain yang direkomendasikan jadi kapten oleh para pemain lain. Dia yakin, kapten yang dipilih lewat metode ini akan lebih adil, ketimbang dia menunjuk sendiri.

"Saya sudah bilang, kita lihat hasil nanti rekomendasi dari para pemain, dari tes psikologinya, siapa yang mereka pilih dan idolakan untuk menjadi kapten," kata Indra.

3. Psikotes menentukan perlakuan di skuad

Siapa yang Jadi Kapten Timnas U-22 di SEA Games 2023?Skuad Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023 Kamboja akhirnya diumumkan (IDN Times / Sandy Firdaus)

Indra menyebut, selain menentukan kapten, hasil dari psikotes ini akan dia gunakan untuk menentukan perlakuan apa yang dia terapkan untuk skuad. Sebab, dari situ dia akan tahu kondisi psikologis para pemain.

"Tujuan psikotes ini untuk menentukan bagaimana pelatih memperlakukan mereka karena karakter tiap manusia beda. Lalu, di antara mereka yang paling cocok antar siapa, ini psikotes akan memberitahu kita hasilnya bagaimana," ujar Indra.

Timnas U-22 akan memulai perjalanan mereka di SEA Games 2023 pada 29 April. Mereka sudah ditunggu oleh Filipina di laga perdana.

Baca Juga: Ada Pemain Atletico Madrid di Filipina, Timnas U-22 Tak Takut

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya