Sikut Perwakilan FIFA, Bek Uruguay Terancam Hukuman Berat

Bek Uruguay terancam sanksi 18 laga

Jakarta, IDN Times - Bek Uruguay, Jose Gimenez, terancam hukuman berat dari FIFA. Hal itu tak lepas dari tindakannya selepas laga antara timnya melawan Ghana di laga terakhir fase grup Piala Dunia 2022.

Laga itu sejatinya dimenangi oleh Uruguay dengan skor 2-0. Namun, skor ini belum cukup untuk membawa Uruguay melaju ke fase gugur, lantaran mereka kalah selisih gol dari Korea Selatan, yang di laga lain menang lawan Portugal.

Nah, Uruguay semestinya mendapatkan penalti di menit akhir laga. Namun, wasit tidak memberikannya. Sontak, hal ini menimbulkan reaksi berlebih dari Gimenez, yang merasa Uruguay sudah dicurangi.

1. Gimenez sikut perwakilan FIFA, plus mengumpat

Sikut Perwakilan FIFA, Bek Uruguay Terancam Hukuman Berattransfermarkt.com

Dalam sebuah rekaman yang beredar di media sosial, tampak Gimenez menyikut Direktur FIFA ketika dia hendak berjalan masuk ke terowongan stadion. Dia menyikut wakil FIFA ini di bagian belakang kepala.

Tidak hanya menyikut, Gimenez juga mengumpat di depan kamera. Dia berkata bahwa FIFA adalah pencuri, dan mereka semua adalah keparat sepak bola. Dia mengumpat dalam keadaan sadar tengah direkam.

"Mereka semua adalah keparat, pencuri kelas kakap. Ya, rekam saja kata-kata saya ini. Mereka semua keparat," ujar Gimenez.

Baca Juga: Pemain Uruguay Serbu Wasit dan Tangis Luis Suarez di Bench

2. Bisa dihukum dalam waktu lama

Sikut Perwakilan FIFA, Bek Uruguay Terancam Hukuman Beratgoal.com

Menurut aturan FIFA, dilansir Mundo Deportivo, menyikut merupakan tindakan yang sifatnya melukai. Jika dilaporkan, Gimenez bisa mendapatkan hukuman larangan main sebanyak 15 laga.

Jika ditambah dengan umpatan yang Gimenez lontarkan di depan kamera, dia bisa mendapatkan tambahan hukuman larangan main lagi sebanyak tiga laga. Total, Gimenez bisa terkena larangan main sebanyak 18 laga.

Belum lagi ada hukuman denda yang menantinya sebesar 4,343 poundsterling (setara Rp82,6 juta). Ancaman hukuman berat Gimenez ini mengingatkan Uruguay akan hukuman yang pernah didapat Luis Suarez.

3. Luis Suarez sempat kena hukum tiga bulan

Sikut Perwakilan FIFA, Bek Uruguay Terancam Hukuman Beratpotret Luis Suarez bersama Uruguay (fcbarcelonanoticias.com)

Pada 2014 silam, Luis Suarez juga sempat kena hukuman dari FIFA. Dia dihukum lantaran menggigit Giorgio Chiellini. Dia dihukum selama tiga bulan kala itu dari laga internasional, plus dilarang main juga di level klub.

Nah, belum jelas apakah Jose Gimenez akan dihukum dari laga internasional saja kelak, atau dia akan dilarang juga main di level klub. Yang jelas, bek Uruguay itu terancam dapat sanksi berat dari FIFA akibat tindakannya ini.

Baca Juga: Punya Tiga Bomber Tajam, Uruguay Masih Mandul di Piala Dunia 2022

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya