Comscore Tracker

Skema Grup C Piala Dunia 2022: Argentina Berpotensi Terjegal

Persaingan di grup C masih ketat

Jakarta, IDN Times - Setelah Grup A dan Grup B menentukan siapa-siapa saja yang lolos ke fase gugur, sekarang giliran Grup C yang tengah mencari perwakilan di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Nyatanya, Argentina masih bisa terjegal.

Selain Argentina, Grup C Piala Dunia 2022 dihuni oleh Polandia, Meksiko, dan Arab Saudi. Apiknya, semua tim masih memiliki kesempatan yang sama untuk lolos atau tersingkir. Belum ada yang pasti di grup ini.

Lalu, bagaimana skema kelolosan di Grup C ini? Bisakah Argentina tersingkir?

Baca Juga: 8 Tim Generasi Emas yang Gagal di Piala Dunia, Ada Argentina

1. Situasi Argentina kurang menguntungkan

Skema Grup C Piala Dunia 2022: Argentina Berpotensi TerjegalArab Saudi kalahkan Argentina di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah Mckay)

Meski menang di laga kedua lawan Meksiko, situasi Argentina masih kurang menguntungkan di Piala Dunia 2022 ini. Setidaknya, mereka harus menang lawan Polandia untuk memastikan tempat di babak 16 besar.

Argentina juga berpotensi lolos sebagai juara grup, jika mereka menang atas Polandia, sedangkan Arab Saudi kalah atau imbang lawan Meksiko. Jika Arab Saudi menang, selisih gol akan jadi penentu siapa yang jadi pemuncak.

Imbang lawan Polandia, Argentina bakal tersingkir jika Arab Saudi menang lawan Meksiko. Kemudian, andai kalah dari Polandia, ditambah Arab Saudi meraih hasil imbang, Argentina akan tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Inggris Pecudangi Wales, Rashford Gila!

2. Skema Polandia lolos ke 16 besar

Skema Grup C Piala Dunia 2022: Argentina Berpotensi TerjegalPolandia menghadapi Meksiko (twitter.com/CharlyRdz)

Kemenangan atas Arab Saudi di laga kedua, menjaga asa Polandia untuk lolos ke babak 16 besar. Namun, situasi dari Robert Lewandowski dan kolega masih belum aman. Cengkeraman Arab Saudi dan Meksiko masih menanti.

Polandia bakal lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup, jika mereka menang lawan Argentina. Imbang lawan Argentina saja mereka bisa lolos, asalkan Arab Saudi imbang atau kalah lawan Meksiko.

Bahkan, jikapun Polandia kalah, mereka masih bisa lolos ke babak 16 besar. Namun, dengan catatan mereka hanya akan lolos sebagai runner-up grup, dan juga laga Meksiko lawan Arab Saudi berakhir imbang. Beda cerita jika Arab Saudi menang.

3. Skema kelolosan Arab Saudi

Skema Grup C Piala Dunia 2022: Argentina Berpotensi TerjegalAksi Messi saat Argentina dikalahkan Arab Saudi 1-2, Selasa (22/11/2022). (Twitter/@Argentina).

Arab Saudi, terlepas dari kekalahan lawan Polandia, masih bisa lolos ke babak 16 besar. Syaratnya, mereka wajib menang lawan Meksiko. Bahkan, mereka bisa saja keluar sebagai juara grup andaikan Argentina dan Polandia berakhir imbang.

Akan tetapi, jika Argentina juga menang, maka penentuan puncak klasemen ditentukan oleh selisih gol dan seterusnya. Jika Arab Saudi imbang lawan Meksiko, mereka bisa lolos jika Argentina kalah dari Polandia.

Arab Saudi bakal tersingkir jika mereka imbang, dan Polandia kalah dengan selisih satu atau dua gol. Namun, jika Polandia kalah dengan selisih lebih dari empat gol, Arab Saudi akan lolos kendati mereka main imbang.

Satu-satunya hal yang harus Arab Saudi hindari adalah kekalahan dari Meksiko. Jika mereka kalah, mereka dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar.

4. Skema kelolosan Meksiko

Skema Grup C Piala Dunia 2022: Argentina Berpotensi TerjegalGuillermo Ochoa jadi Man of the Match pertandingan Polandia vs Meksiko di Piala Dunia 2022. (twitter.com/433)

Meksiko masih bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Syarat utamanya, mereka harus menang lawan Arab Suadi, dan Argentina kalah dari Polandia. Mereka juga masih bisa lolos jika Argentina lawan Polandia meraih hasil imbang.

Namun, Meksiko harus menang dengan selisih lebih dari empat gol lawan Arab Saudi. Nah, jika Meksiko menang dan Polandia kalah, maka penentuan posisi, dalam hal ini runner-up grup, akan didasarkan pada selisih gol dan seterusnya.

Satu-satunya yang harus Meksiko hindari adalah kekalahan dari Arab Saudi. Jika itu terjadi, mereka sudah pasti bakal terlempar dari Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Kalahkan Ekuador, Senegal Susul Belanda ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya