Skenario Kelolosan Grup B Piala Dunia 2022: Semua Punya Asa

Semua masih bisa lolos dari Grup B

Jakarta, IDN Times - Fase grup Piala Dunia 2022 memanas. Kini, setiap tim tengah mempersiapkan diri untuk merebut satu tiket ke babak 16 besar, tak terkecuali para peserta yang berada di Grup B, Inggris, Iran, Amerika Serikat, dan Wales.

Menariknya, persaingan di Grup B begitu ketat. Semua tim masih berpotensi untuk lolos ke babak 16 besar. Nah, seperti apa skema kelolosan dari grup yang dikenal sarat politik ini?

Baca Juga: Skenario Persaingan Segitiga Grup A Piala Dunia 2022, Siapa Lolos?

1. Inggris di atas An

Skenario Kelolosan Grup B Piala Dunia 2022: Semua Punya AsaInggris vs Iran di Piala Dunia 2022. ( ANTARA FOTO/Reuters--Marko Djurica)

Di laga terakhir grup, Inggris akan bersua Wales. Laga ini diprediksi bakal berjalan ketat, terlepas dari Wales yang peluangnya tipis untuk lolos. Meski begitu, Inggris berada di atas angin.

Jika kelak Inggris menang, dipastikan lolos sebagai juara grup. Mereka juga masih bisa jadi juara grup, andai imbang lawan Wales dan laga Iran lawan Amerika Serikat berakhir imbang.

Selain itu, Inggris juga bisa lolos sebagai runner up jika main imbang lawan Wales, sedangkan Amerika Serikat menang atas Iran dengan selisih empat gol. Satu-satunya hal yang bisa bikin Inggris tersingkir adalah kalah dari Wales dengan selisih empat gol.

2. Amerika Serikat lolos jika?

Skenario Kelolosan Grup B Piala Dunia 2022: Semua Punya AsaPemain Timnas Inggris, Raheem Sterling, tengah berusaha mengejar bola yang dikuasai pemain Amerika Serikat. Dalam laga ini, Inggris harus b=puas ditahan imbang AS 0-0 dalam duel Grup B Piala Dunia 2022. (Twitter/@WorldCup2022)

Posisi Amerika Serikat sedikit lebih sulit dibandingkan Inggris. Mereka baru mengumpulkan dua poin dari dua laga. Namun, The Yanks masih bisa lolos, jika kelak mengalahkan Iran, tanpa peduli skornya.

Amerika Serikat juga bisa lolos sebagai juara grup, jika kelak mereka menang lawan Iran dan Inggris kalah dari Wales, atau duel itu imbang. Akan tetapi, Amerika Serikat kudu menang dengan selisih empat gol atau lebih.

Kemenangan jadi harga mati bagi Amerika Serikat, karena jika mereka kalah dari Iran, mereka sudah dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022. Tak pelak, laga lawan Iran bermakna penting buat Amerika Serikat.

3. Iran e

Skenario Kelolosan Grup B Piala Dunia 2022: Semua Punya AsaPemain Iran melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Wales. Dalam laga Grup B Piala Dunia 2022 itu, Iran menang dramatis 2-0. (Twitter/@WorldCup2022)

Dibandingkan Amerika Serikat, posisi Iran lebih menguntungkan di Grup B ini. Mereka sudah membukukan tiga poin, dan peluang untuk lolos lebih besar.

Iran bisa lolos ke 16 besar jika mereka menang lawan Amerika Serikat. Mereka bisa lolos sebagai juara grup, jika menang lawan Amerika Serikat sedangkan Inggris kalah atau seri ketika bertemu Wales.

Jikapun kelak Iran main imbang lawan Amerika, mereka masih bisa lolos, asalkan Inggris menang lawan Wales. Satu-satunya cara membuat Iran gugur adalah jika mereka kalah dari Amerika Serikat.

4. Wales ternyata masih punya harapan

Skenario Kelolosan Grup B Piala Dunia 2022: Semua Punya AsaKapten Wales, Gareth Bale, usai jebol gawang Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Wales, meski baru menorehkan satu poin, ternyata masih bisa lolos. Mereka bisa lolos jika menang lawan Inggris, sedangkan Iran lawan Amerika Serikat berakhir imbang.

Bahkan, Wales bisa lolos sebagai juara grup jika menang lawan Inggris dengan selisih empat gol, sedangkan Iran lawan Amerika Serikat berakhir imbang.

Jika Iran atau Amerika Serikat menang, Wales wajib menang dengan selisih empat gol agar bisa lolos. Kalah atau imbang lawan Inggris, mereka dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Aturan Kelolosan Tim ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Yuk Simak!

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya