Soal JIS Tidak Layak, PSSI Menjilat Ludahnya Sendiri

PSSI sempat memuji JIS, tapi itu tahun lalu

Jakarta, IDN Times - Ada-ada lagi sikap yang dipertontonkan PSSI. Teraktual, federasi yang menaungi sepak bola itu mengatakan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) tidak layak untuk menggelar FIFA Matchday antara Timnas Indonesia lawan Curacao.

Ada beberapa alasan yang dikemukakan PSSI soal sikap mereka. Namun, sejatinya sikap PSSI tampak seperti menjilat ludah sendiri. Apa sebabnya? Pada Agustus 2021 lalu, mereka sempat menandatangani kerja sama dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) soal penggunaan JIS.

Dalam acara penandatanganan itu, PSSI sempat memuji JIS sebagai stadion berstandar FIFA dan segala macamnya. Namun, pujian ini justru hilang pada September 2022 ini, satu tahun setelah kerja sama antara federasi dan Jakpro tercipta.

1. Puja-puji PSSI untuk JIS kala itu

Soal JIS Tidak Layak, PSSI Menjilat Ludahnya SendiriPenampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Masih terngiang di kepala, ketika Agustus 2021, Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menyebut bahwa JIS adalah stadion berstandar FIFA di Indonesia. JIS memungkinkan adanya interaksi lebih dekat antara pemain dan suporter. Sebab, tidak ada lintasan lari atletik di stadion ini.

"Ini yang diharapkan dan diinginkan Presiden FIFA, bahwa stadion di negara berkembang bisa memberikan yang terbaik untuk suporternya. Ditambah, dua lapangan latihan yang bagus di Jakarta International Stadium, PSSI yakin ini akan memberikan yang terbaik untuk sepak bola dan Timnas Indonesia," ujar Yunus dalam sesi jumpa pers.

Tidak cuma itu, Yunus juga mengungkapkan bahwa JIS adalah kebanggaan bagi sepak bola Indonesia. Dia menyebut, JIS jadi kandang termegah kedua bagi Timnas Indonesia, tentunya setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Stadion ini menjadi kebanggaan keluarga besar sepak bola, khususnya Timnas. Setidaknya, kami senang diberikan izin mengklaim suatu saat nanti, anak-anak Timnas Indonesia bisa memiliki homebase sekelas JIS," ujar Yunus.

Baca Juga: Batal Pakai JIS Lawan Curacao, PSSI Nilai Venue Belum Layak

2. Kini, PSSI malah sebut JIS tidak layak gelar FIFA Matchday

Soal JIS Tidak Layak, PSSI Menjilat Ludahnya SendiriPenampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sanjungan PSSI kepada JIS ini rupanya hanya bertahan satu tahun. Pada September 2022, federasi menyebut JIS tidak layak untuk menggelar laga FIFA Matchday lawan Curacao, 27 September mendatang. Ada ragam alasan yang mereka keluarkan untuk memperkuat pendapat ini.

Melansir laman PSSI, berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur.

Sederet kekurangan masih ditemukan termasuk soal perimeter tribune perlu pengkajian ulang, pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh dan sarana prasarana pendukung yang dianggap belum sesuai standar.

‘’Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Matchday yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25 persen-50 persen-75 persen -100 persen dari perhitungan maximum safety capacity,’’ kata Yunus.

Yunus juga berujar, untuk ukuran JIS yang memiliki daya tampung 80 ribu kursi, tetapi baru bisa menampung parkir sekitar 800 unit kendaraan roda empat itu sangat riskan. Padahal, diperkirakan animo masyarakat untuk menonton langsung akan sangat tinggi.

''Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur . Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA,’’ kata Yunus.

Kendala lain yang juga jadi pertimbangan PSSI adalah terkait biaya sewa stadion yang tinggi. Tim sekelas Persija Jakarta pun lebih disebut memilih stadion di Bekasi.

3. FIFA Matchday berpeluang dipusatkan di Jawa Barat

Soal JIS Tidak Layak, PSSI Menjilat Ludahnya SendiriShin Tae Yong melakukan perayaan kemenangan atas Kuwait, Rabu (8/6/2022). (Instagram/ Shin Tae Yong)

Akhir September 2022 nanti, Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba lawan Curacao, tepatnya pada 24 September dan 27 September. Untuk tanggal 24, laga rencananya akan dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Nah, karena PSSI urung memakai JIS untuk laga tanggal 27 September sesuai rencana awal, mereka pun tengah menjajaki kemungkinan main di Stadion Pakansari, Bogor atau di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. Dua stadion itu letaknya sama-sama di Jawa Barat.

Jadi, ke mana hilangnya pujian yang sempat terlontar untuk JIS itu, PSSI?

Baca Juga: Sebut Kelayakan JIS Belum Standar FIFA, PSSI Langsung Disemprot

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya