Soal Markas Timnas Indonesia, PSSI Akan Konsultasi dengan AFF

Timnas Indonesia sedang pusing pilih kandang

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengatakan, tentang markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 nanti, federasi akan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan AFF. Sejauh ini, sudah banyak opsi yang federasi persiapkan.

"Tentu kami akan konsultasi ke AFF dan peserta yang datang (tim tandang) untuk kandang di Piala AFF 2022 nanti. Intinya, banyak opsi yang kami sediakan, lihat saja nanti. Kami akan menyampaikan kalau sudah ada kepastian," ujar Yunus di Senayan, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: 5 Stadion yang Bisa Jadi Markas Indonesia di Piala AFF 2022

1. Tenggat waktu tanggal 15 November 2022

Soal Markas Timnas Indonesia, PSSI Akan Konsultasi dengan AFFFoto aerial Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Yunus berujar, 15 November 2022 akan jadi tenggat waktu penentuan markas Indonesia di Piala AFF 2022. Kini, masih banyak opsi dan pertimbangan yang tengah dipikirkan oleh federasi.

"Mudah-mudahan tanggal 15 November sudah ada (untuk kandang Indonesia). Semua jadi opsi, mana yang akan digunakan akan kami umumkan," tutur Yunus.

Baca Juga: Menang Piala AFF U-16, Bima Sakti Fokus Kualifikasi Piala Asia U-17  

2. Enam stadion tengah direnovasi untuk Piala Dunia U-20

Soal Markas Timnas Indonesia, PSSI Akan Konsultasi dengan AFFStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Pusingnya Indonesia dalam menentukan markas ini tak lepas dari adanya enam stadion yang tengah direnovasi untuk gelaran Piala Dunia U-20. Salah satu dari stadion yang direnovasi itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Sejak November 2022 ini, keenam stadion itu tak bisa dipakai. Karena sementara tengah dalam proses perbaikan dan penyempurnaan oleh PUPR dan provinsi/kabupaten/ kota. Termasuk klub Liga 1 juga tak bisa memakai," tutur Yunus.

Baca Juga: Elkan Baggott Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022!

3. Ada beberapa opsi kandang untuk Timnas Indonesia

Soal Markas Timnas Indonesia, PSSI Akan Konsultasi dengan AFFStadion Patriot Chandrabaga, Bekasi/antarafoto

Sejatinya, masih banyak stadion yang bisa jadi opsi markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Untuk wilayah Jabodetabek, ada Stadion Pakansari, Stadion Patriot Candrabhaga, serta Jakarta International Stadium (JIS) yang bisa jadi pilihan.

Di luar Jabodetabek, ada banyak stadion representatif lain yang bisa jadi markas bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, seperti Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Maguwoharjo. Namun, semua tergantung keputusan PSSI.

Baca Juga: Trofi Piala AFF 2022 Mampir ke Indonesia pada 26 November

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya