Solskjaer Curiga Wasit Kena Cuci Otak Tak Kasih MU Penalti

Solskjaer anggap Manchester United harusnya dapat penalti

Jakarta, IDN Times - Hasil imbang mewarnai pertemuan antara Chelsea dan Manchester United pada Minggu (28/2/2021) malam. Hasil ini membuat posisi kedua tim tidak berubah di klasemen sementara Liga Inggris 2020/21.

Namun, manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, berpendapat lain. Dia yakin, MU seharusnya mendapatkan penalti di laga tersebut. Di tengah laga, ada momen saat Callum Hudson-Odoi dianggap menggunakan tangannya untuk mengubah arah bola.

Wasit Stuart Attwell yang memimpin laga pun sempat mengecek VAR untuk melihat apakah Hudson-Odoi menyentuh bola dengan tangannya atau tidak. Tapi, pada akhirnya dia tidak memberikan penalti untuk MU. Hal ini membuat Solskjaer kecewa.

Baca Juga: Manchester United Vs Chelsea Tanpa Pemenang

1. Solskjaer menganggap wasit kena pengaruh dari luar

Solskjaer Curiga Wasit Kena Cuci Otak Tak Kasih MU PenaltiChelsea vs Manchester United. (Twitter.com/ManUtd)

Usai laga, Solskjaer menumpahkan kekesalannya. Dia mengungkapkan, wasit terkena pengaruh dari luar, terutama soal isu MU yang dianggap sering dapat penalti, sehingga memutuskan untuk tidak memberikan hadiah macam itu untuk di laga kontra Chelsea.

"Itu (Hudson-Odoi handball) seharusnya penalti. Saya sedikit aneh kenapa kami tidak mendapatkan penalti. Ya, mungkin karena ada beberapa selentingan yang menyebut kami banyak dapat penalti," ujar Solskjaer, dilansir BBC.

2. MU pernah telan kritik soal penalti

Solskjaer Curiga Wasit Kena Cuci Otak Tak Kasih MU PenaltiChelsea vs Manchester United. (Twitter.com/ManUtd)

Sebelumnya, MU memang pernah kena kritik soal hadiah penalti. Juergen Klopp dan Frank Lampard ramai-ramai mengecam Setan Merah yang mudah mendapatkan penalti. Statistik menyebutkan, MU mendapatkan 22 hadiah penalti sejak musim 2019/20 lalu.

Solskjaer kesal mendapatkan kritik macam itu. Dia mengakui hal-hal semacam inilah yang pada akhirnya mengganggu keputusan wasit. Ada pengaruh yang masuk kepada wasit gara-gara hal semacam ini.

"Ada momen ketika para manajer memengaruhi wasit. Saya sebenarnya yakin, wasit tidak akan terpengaruh. Tapi, melihat keputusan ini (MU gagal dapat penalti), saya benar-benar kaget. Ya, pengaruh dari luar memberikan efek besar buat wasit," ujarnya.

3. Kritik dari pengamat untuk wasit

Solskjaer Curiga Wasit Kena Cuci Otak Tak Kasih MU PenaltiChelsea vs Manchester United. (Twitter.com/ManUtd)

Menilik kejadian ini, beberapa pengamat melayangkan kritik kepada performa wasit di Premier League. Salah satunya adalah eks striker Newcastle United dan Timnas Inggris, Alan Shearer, yang menyebut perlu ada aturan lebih jelas soal handball. Dia melihat wasit sekarang kebingungan dalam menyikapi situasi handball.

"Harusnya, itu (insiden Hudson-Odoi) adalah handball. Namun, wasit kebingungan. Mereka tidak tahu apa itu handball. Ini adalah kritik untuk sistem, karena wasit pun sampai bingung apa itu handball ini," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Bawah Ole Solskjaer

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya