Spesifikasi Lapangan Latihan Timnas di IKN, Luas dan Dekat Bandara

Spesifikasi ini dijabarkan Ketum PSSI

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menjabarkan spesifikasi dari training center yang nanti akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, training center buat Timnas Indonesia ini nantinya luas dan aksesnya tidak jauh dari bandara.

Bersama Menpora Zainudin Amali, Iwan Bule (sapaannya) berkesempatan menemui Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pada Rabu (3/8/2022). Pertemuan yang dihelat di Istana Negara ini membahas tentang training center untuk cabang olahraga sepak bola.

Nah, dari pertemuan itu, Iwan Bule memaparkan spesifikasi training center ini nantinya. Seperti apa?

1. Memiliki luas 30 sampai 50 hektare

Spesifikasi Lapangan Latihan Timnas di IKN, Luas dan Dekat BandaraIlustrasi proyek strategis nasional pembangunan bendungan Sepaku penunjang air bersih IKN (IDN Times/Ervan)

Iwan Bule menyatakan, training center PSSI itu nanti akan memiliki luas 30 sampai 50 hektare. Hal itu sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi, sekaligus dua kali lipat dari apa yang diminta oleh federasi, yakni 15 hektare saja.

"Saya bilang ke Bapak Presiden, 15 hektare cukup untuk training center. Tetapi, tadi Bapak Presiden 30 sampai 50 hektare disiapkan sebagai lahan training center di IKN," ujarnya dalam sesi jumpa pers virtual.

Nantinya, dalam lahan seluas 30 sampai 50 hektare itu, akan ada asrama, pusat kebugaran, sport science, dan beragam fasilitas lainnya. Tujuh lapangan pun akan disiapkan, yang kelak bakal digunakan untuk latihan Timnas Indonesia.

"Bapak Presiden ingin ada sarana yang lengkap di training center sana. Beliau ingin ada tujuh lapangan, lengkap dengan kolam renang, pusat kebugaran, sport science, dan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya," ujar Iriawan.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Bangun Training Center Buat Timnas Indonesia di IKN

2. Berlokasi tidak jauh dari Bandara Sepinggan

Spesifikasi Lapangan Latihan Timnas di IKN, Luas dan Dekat BandaraBandar Udara Sepinggan Balikpapan di Kalimantan Timur. Foto Bandara Sepinggan Balikpapan

Soal lokasi, Iwan Bule menyatakan training center PSSI ini tidak jauh dari Bandara Sepinggan, Balikpapan. Jadi, training center ini bertempat di antara Balikpapan dan Samarinda, Kalimantan Timur.

"Posisinya, training center ini di tengah-tengah antara Balikpapan dan Samarinda. Jarak tempuhnya hanya satu jam dari Bandara Sepinggan, Balikpapan," kata Iriawan.

3. PSSI akan mengecek lokasi bulan ini

Spesifikasi Lapangan Latihan Timnas di IKN, Luas dan Dekat BandaraPresiden bahas training center sepak bola di IKN bersama Menpora dan Ketum PSSI. (dok. Sekretariat Presiden)

PSSI berencana untuk mengecek lokasi training center di IKN tersebut pada bulan ini. Dalam peninjauan tersebut, PSSI akan hadir bersama Zainudin, sekaligus memenuhi instruksi Presiden untuk mengecek lokasi training center tersebut.

"Nanti, kami bersama Menpora, akan cek ke lokasi juga, di mana persisnya yang sudah disiapkan pemerintah untuk training center di IKN ini," tutur Iwan Bule.

Baca Juga: Terbentur Biaya, Timnas Amputee Indonesia Sulit Uji Coba Internasional

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya