Stadion Patriot, Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Stadion Patriot sudah biasa gelar laga internasional

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan, menyebut nama kandang yang akan dipakai Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Skuad Garuda bakal mentas di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi.

"Rencana (markas Timnas Indonesia) di Patriot. Alasannya, mungkin lebih siap Patriot. Jadi, nanti lawan Kamboja dan Thailand di Patriot," ujar Endri di Kemenpora, Jumat (18/11/2022).

1. PSSI optimistis Patriot lolos verifikasi

Stadion Patriot, Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022Kiper Tim Nasional Indonesia U-19 Cahya Supriadi (kanan) menghalau bola dari saat mentas dalam laga babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). (ANTARA/Aditya Pradana Putra/aww.)

Endri berujar, dia optimistis Patriot bakal lolos verifikasi dari AFF. Sebab, AFF sudah beberapa kali memverifikasi Patriot, dan stadion ini pun cukup sering menggelar laga-laga berskala internasional.

"Ya, AFF sudah tahulah. Mereka juga sudah beberapa kali ke Patriot. Jadi ya, bisalah sepertinya," tutur Endri.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bisa Pakai GBK di Piala AFF 2022

2. Stadion Patriot sudah berpengalaman

Stadion Patriot, Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022Flare di laga Timnas U-19 lawan Vietnam. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Stadion Patriot memang sudah berpengalaman menggelar banyak laga internasional. Sejak diresmikan pada 2012, banyak laga-laga yang melibatkan Timnas antar negara di stadion yang berlokasi di Bekasi ini.

Pada 2018, Stadion Patriot jadi venue Piala Asia U-19 dan Asian Games. Son Heung Min, penggawa Timnas Korea Selatan, juga pernah bermain di sini. Terbaru, stadion ini jadi venue Piala AFF U-19 2022.

3. Timnas Indonesia mencari kandang

Stadion Patriot, Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022Timnas Indonesia saat kalahkan Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Sebelumnya, Timnas Indonesia dikabarkan tengah mencari kandang jelang gelaran Piala AFF 2022. Sebab, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) yang biasa digunakan, tengah direnovasi untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Selain Stadion Patriot, ada beberapa venue yang sempat jadi alternatif kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Nama Stadion Pakansari dan Jakarta International Stadium (JIS) sempat diwacanakan jadi kandang skuad Garuda.

Baca Juga: 5 Stadion yang Bisa Jadi Markas Indonesia di Piala AFF 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya