Stam: Ten Hag Bakal Sukses di Man United, tapi Ada Syaratnya

Ten Hag harus didukung oleh banyak hal

Jakarta, IDN Times - Mantan bek Manchester United, Jaap Stam, meyakini Erik ten Hag akan meraih kesuksesan di Old Trafford. Namun, dia berujar bahwa Ten Hag harus didukung oleh personel dan pemain yang tepat di Man United.

Per musim 2022/23 mendatang, Ten Hag resmi jadi manajer United, selepas menyelesaikan masa bakti bersama Ajax. Sampai sekarang, masih muncul keraguan apakah dia akan sukses di United atau tidak. Namun, Stam meyakinkan, Ten Hag akan berhasil.

"Kita semua tahu apa yang bisa dia lakukan dan apa yang sudah dia lakukan bersama Ajax. Semoga saja, dia bisa melakukan hal yang sama di United, dan saya yakin akan itu," ujar Stam, dilansir The Guardian.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Kemenangan Manchester United atas Leeds United

1. Stam sebutnya syarat agar Ten Hag sukses di United

Stam: Ten Hag Bakal Sukses di Man United, tapi Ada SyaratnyaErik ten Hag (skysports.com)

Meski begitu, Stam berujar bahwa ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar Ten Hag bisa sukses. Setidaknya, ada dua syarat yang harus dipenuhi. Pertama, dia harus didukung pemain yang sesuai dengan sistemnya.

Kedua, Ten Hag juga mesti didukung oleh orang-orang yang kompeten dan memahami cara kerjanya. Jika dua syarat ini dipenuhi, Stam yakin United akan meraih kesuksesan dalam waktu dekat.

"Tentunya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar Ten Hag bisa sukses. Entah itu pemain yang berbeda atau personel klub yang berbeda. Namun, perlu digarisbawahi, dia sudah meraih kesuksesan di Belanda bersama Ajax," tutur Stam.

Baca Juga: 5 Pemain Muda MU Layak Dapat Kesempatan Main dari Erik ten Hag

2. Stam sebut adaptasi juga harus dilakukan United

Stam: Ten Hag Bakal Sukses di Man United, tapi Ada Syaratnyapotret Erik ten Hag (skysports.com)

Stam mengungkapkan, pada akhirnya adaptasi juga harus dilakukan oleh United terhadap gaya main yang akan diterapkan Ten Hag. Jika sinergitas itu tercipta, United bisa meraih hasil apik, karena Ten Hag sudah pasti akan membawa gaya main yang cair di United.

"Di United, salah satu kualitas dari Sir Alex Ferguson adalah membuat pemain mampu mengeluarkan kemampuan terbaik di posisinya. Ketika semua itu menyatu, jadilah sebuah tim kuat. Nah, itu semua bisa terjadi karena adanya adaptasi," ujar Stam.

Baca Juga: Jaap Stam Resmi Tukangi Klub Asal Belanda, Feyenoord Rotterdam

3. Kesulitan yang akan dihadapi Stam di United

Stam: Ten Hag Bakal Sukses di Man United, tapi Ada Syaratnyagoal.com

Kendati memuji Ten Hag, Stam juga pada akhirnya memberi saran kepada Ten Hag. Menurutnya, akan ada beberapa kesulitan yang dia hadapi. Salah satunya adalah meyakinkan para pemain untuk mengikuti gaya mainnya.

"Bicara Man United, tidak hanya soal membuat pemain melakukan apa yang kamu mau. Namun, lebih jauh, Erik ten Hag harus meyakinkan para pemain bahwa apa yang coba dia terapkan itu baik. Jika itu berhasil, Ten Hag akan sukses," tutur Stam.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya