STY Sebut Timnas U-20 Harus Belajar Ruang dan Timing Umpan

Timnas U-20 masih harus berbenah

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Shin Tae Yong, menyebut ada beberapa hal yang harus dievaluasi dari anak-anak asuhnya usai tumbang di tangan Al Adalah FC, Minggu (13/11/2022). Ruang dan timing passing jadi dua hal yang disorot STY.

Selain timing dan ruang passing, STY juga menyoroti kecepatan serangan balik dari timnya yang masih kurang mumpuni. Hal-hal inilah yang jadi penyebab tumbangnya skuad Garuda Nusantara di tangan Al Adalah FC.

1. Deretan evaluasi dari STY

STY Sebut Timnas U-20 Harus Belajar Ruang dan Timing UmpanTimnas U-20 lawan Al Adalah FC. (Dok. PSSI)

STY mengungkapkan, timing passing Timnas U-20 masih buruk. Hal ini ditambah dengan kecepatan serangan balik yang kurang, serta kurang pahamnya pemain akan ruang, sehingga permainan skuad Garuda Nusantara kurang berkembang di laga ini.

"Pertama soal timing passing, kedua soal counter attack, jadi ketika sudah ambil bola dari lawan, harus cepat melakukan serangan balik," ujar STY selepas laga.

"Soal ruang, para pemain harus paham soal ruang, jadi kalau ada yang cari ruang kosong, otomatis bisa ada peluang. Harus ada yang datang ke ruang kosong dan kasih umpan ke situ," tambahnya.

Baca Juga: Justin Hubner dan Ivar Jenner Gabung TC Timnas U-20 di Turki!

2. STY tetap puas dengan permainan tim

STY Sebut Timnas U-20 Harus Belajar Ruang dan Timing UmpanTimnas U-20 lawan Al Adalah FC. (Dok. PSSI)

Terlepas dari evaluasi yang ada, STY mengaku dia tetap puas dengan performa dari para pemainnya. Meski begitu, kebobolan dua gol yang terjadi di laga ini harus jadi cambuk bagi para pemain Timnas U-20 agar lebih baik ke depannya.

"Untuk jalannya laga, saya sebenarnya puas dengan permainan anak-anak. Tetapi ya masalah kebobolan, ya kita harus perbaiki lebih baik lagi, ke depan lebih fokus lagi," tutur STY.

3. Timnas U-20 bertolak ke Spanyol

STY Sebut Timnas U-20 Harus Belajar Ruang dan Timing UmpanTimnas U-20 lawan Baerum. (Dok. PSSI)

Laga lawan Al Adalah FC jadi laga uji coba terakhir yang dilakoni Timnas U-20 di Turki. Pada Senin (14/11/2022), Marselino Ferdinan dan kolega akan terbang ke Spanyol untuk melanjutkan pemusatan latihan dan melakoni beberapa laga uji coba.

Di Spanyol nanti, Timnas U-20 diagendakan melawan tim-tim kuat Eropa. Terdekat, ada Prancis dan Slovakia yang sudah menunggu mereka. STY berharap, kondisi para pemain tetap terjaga karena mereka akan melakoni perjalanan jauh.

"Kita ada pertandingan langsung lawan Prancis dan Slovakia begitu sampai (di Spanyol), kita akan fokus ke pertandingan itu. Saya harap kondisi para pemain Timnas U-20 tetap normal dan tidak terpengaruh," ujar STY.

Baca Juga: Mental Timnas U-20 Jadi Sorotan, Shin: Pemain Sudah Takut Duluan 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya