Comscore Tracker

Sulit Dapat Izin di Inggris, Final Liga Champions Digelar di Portugal?

UEFA belum capai kesepakatan dengan Inggris

Jakarta, IDN Times - Portugal diprediksi akan jadi venue perhelatan final Liga Champions 2020/21. Markas Porto, Estadio Do Dragao akan jadi tempat terselenggaranya laga Manchester City vs Chelsea.

Kabar ini muncul seiring dengan sulitnya UEFA selaku otoritas sepak bola Eropa mendapatkan izin dari pemerintah Inggris untuk menggelar laga final di Wembley. Memang, sempat beredar kabar juga bahwa final akan dipindah dari Turki ke Inggris.

1. UEFA belum capai kesepakatan dengan pemerintah Inggris

Sulit Dapat Izin di Inggris, Final Liga Champions Digelar di Portugal?Presiden UEFA, Aleksander Ceferin. (uefa.com).

BBC menyebut, laga final Liga Champions sebenarnya bisa dihelat di Inggris. Apalagi, partai final musim ini mempertemukan dua tim Inggris, yakni Manchester City dan Chelsea.

Namun, UEFA dikabarkan masih belum mencapai kata sepakat dengan pemerintah Inggris soal kemungkinan ini. Alhasil, mereka pun mencari opsi tempat lain, dan dipilihlah Portugal sebagai tempat laga final musim ini.

Baca Juga: 6 Klub Italia yang Pernah Lolos ke Final Liga Champions

2. Pertimbangan UEFA memilih Portugal

Sulit Dapat Izin di Inggris, Final Liga Champions Digelar di Portugal?Instagram @fcporto

UEFA memiliki pertimbangannya sendiri kenapa mereka memilih Portugal, setelah kesepakatan dengan pemerintah Inggris sulit tercapai. Portugal masuk dalam zona hijau, sehingga suporter dari Inggris bisa menyaksikan pertandingan secara langsung.

Dipilihnya Portugal juga mempermudah akses untuk para sponsor dan tim broadcaster nantinya. Kendati demikian, perlu diingat bahwa musim lalu, Portugal menggelar laga final Liga Champions di Lisbon. Hal ini bisa menghambat proses perizinan UEFA kepada pemerintah Portugal.

3. Final Liga Champions terancam gagal dihelat di Turki

Sulit Dapat Izin di Inggris, Final Liga Champions Digelar di Portugal?Twitter.com/SSCNapoli

Laga final Liga Champions yang rencananya digelar di Istanbul, Turki terancam batal. Situasi jadi tak menentu usai pemerintah Turki kembali memberlakukan lockdown, akibat dari melonjaknya kasus COVID-19 di Turki.

Dilansir The Guardian, pihak federasi sepak bola Inggris (FA) pun mengajukan opsi lain kepada UEFA. Mereka meminta duel All English Final bisa digelar di Inggris. Hal itu dinilai lebih memudahkan karena kedua tim tak harus pergi ke mana-mana.

Namun, dengan sulitnya UEFA mencapai kata sepakat dengan pemerintah Inggris, besar kemungkinan laga final Liga Champions akan dihelat lagi di Portugal musim ini.

Baca Juga: 6 Pelatih Sepak Bola Peraih Treble Winner Era Liga Champions

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya