Survei: Erick Thohir Layak Jadi Ketua Umum PSSI Selanjutnya

Warga banyak menjagokan sosok Erick

Jakarta, IDN Times - Survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia menghasilkan sesuatu yang menarik. Dari hasil survei itu, muncul persepsi bahwa Menteri BUMN saat ini, Erick Thohir, layak menjadi Ketua Umum PSSI selanjutnya.

Survei ini melibatkan seluruh warga Indonesia yang berusia 17 tahun, dan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah orang yang disurvei mencapai 1.220 orang, dengan margin of error 2,9 persen.

Quality control dari hasil survei Indikator Politik Indonesia ini pun sudah dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95 persen.

1. Erick unggul dalam sejumlah simulasi

Survei: Erick Thohir Layak Jadi Ketua Umum PSSI SelanjutnyaMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Dalam sejumlah simulasi yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, baik itu delapan nama terbuka hingga dua nama, Erick selalu keluar sebagai unggulan. Dia mengungguli nama-nama macam Najwa Shihab, Kaesang Pangarep, hingga Mahfud MD.

"Erick Thohir unggul sebesar 24,1 persen atau paling banyak dipilih sebagai Ketua Umum PSSI selanjutnya," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam jumpa pers virtual.

Baca Juga: Survei: Erick Thohir Punya Potensi Jadi Ketum PSSI

2. Keunggulan Erick telak dalam setiap atribut

Survei: Erick Thohir Layak Jadi Ketua Umum PSSI SelanjutnyaMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Hasil survei juga menunjukkan, keunggulan Erick telak dalam setiap atribut survei, mulai dari demografi, wilayah, bahkan hingga sebagian besar kelompok ormas. Nama Erick bahkan juga lebih menonjol dibandingkan sosok Iriawan, Ketum PSSI saat ini.

"Menurut warga atau responden, Erick Thohir merupakan tokoh yang paling pantas menjadi Ketum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan. Erick cukup menonjol dibandingkan sejumlah nama lain, bahkan dibanding Iwan Bule (sapaan akrab Iriawan) sendiri," ujar Burhanuddin.

3. Erick punya potensi jadi Ketum PSSI

Survei: Erick Thohir Layak Jadi Ketua Umum PSSI SelanjutnyaMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Sebelumnya, lembaga survei lain, Football Institute, juga menyuarakan hal serupa. Founder Football Institute, Budi Setiawan, melihat Erick layak mengisi jabatan Ketua Umum PSSI.

Budi mencatat, ada beberapa hal yang menjadikan Erick pas menjadi Ketum PSSI selanjutnya. Meski tidak pernah secara langsung beraktivitas di PSSI, Erick sudah punya pengalaman dalam kancah olahraga internasional. Dia pernah jadi pemilik Inter Milan, juga baru saja membeli Oxford United, klub asal Inggris.

Selain itu, Erick juga terlibat aktif di IOC (Komite Olimpiade Internasional) sebagai anggota, yang membuatnya kenal langsung dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino. Atribut-atribut ini jadi modal besar Erick maju sebagai Ketum PSSI.

"Ada di dewan IOC, kenal langsung dengan Presiden FIFA. Ini yang menurut saya modal besar untuk Erick Thohir maju sebagai Ketum PSSI. Karena Ketum itu mau tak mau harus kenal dengan Presiden FIFA tanpa perantara," ujar Budi.

Baca Juga: Sriwijaya FC Rekomendasikan Erick Thohir Jabat Ketum PSSI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya