Ketat, Swiss Bekuk Kamerun dengan Skor Tipis

Breel Embolo buktikan ia bisa jadi ujung tombak utama Swiss

Jakarta, IDN Times - Swiss sukses meraih kemenangan dalam laga pertama fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. Bertemu Kamerun di Al Janoub Stadium, Kamis (24/11/2022), Xherdan Shaqiri dan kolega menang dengan skor tipis 1-0.

Gol tunggal kemenangan Swiss di laga ini dicetak oleh Breel Embolo pada menit 48. Swiss mengawali Piala Dunia 2022 dengan hasil apik.

Sejak babak pertama dimulai, Swiss langsung memberikan tekanan ketat ke lini pertahanan Kamerun. Dimotori Xherdan Shaqiri, Ruben Vargas, Breel Embolo, dan Djibril Sow, mereka berusaha memberikan ancaman bagi Kamerun.

Namun, penampilan Kamerun ciamik di awal-awal babak pertama ini. Mereka mampu memeragakan pertahanan rapat. Hal itu membuat lini serang Swiss sempat kerepotan. Mereka kesulitan masuk kotak penalti Kamerun.

Memasuki pertengahan babak pertama, Kamerun mulai melancarkan beberapa serangan balik cepat. Mengandalkan kecepatan Bryan Mbeumo dan Karl Toko Ekambi, mereka sempat membuat lini pertahanan Swiss kelimpungan beberapa kali.

Akan tetapi, Swiss berusaha mengendalikan situasi. Lewat Granit Xhaka dan Remo Freuler di tengah, Swiss berusaha mengambil lagi kendali laga. Dua bek sayap mereka, Ricardo Rodriguez dan Silvan Widmer juga mulai ikut naik membantu serangan.

Di sisa waktu babak pertama, Swiss dan Kamerun pun saling beradu serangan. Namun, gol tak kunjung datang bagi kedua tim. Alhasil, skor 0-0 bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki awal babak kedua, Swiss dan Kamerun belum melakukan perubahan berarti. Mereka masih mempertahankan skuad di babak pertama. Namun, secara permainan Swiss sedikit mengubah gaya. Mereka melakukan pressing ketat.

Pada menit 48, Swiss akhirnya berhasil mencetak gol perdana. Berawal dari pergerakan apik Shaqiri di sisi kiri pertahanan Kamerun, Embolo yang menerima bola di kotak penalti sukses menceploskan bola ke gawang. Skor berubah 1-0.

Unggul satu angka membuat Swiss lebih nyaman dalam bermain. Di sisi lain, Kamerun mulai melakukan beberapa perubahan. Mereka memasukkan Gael Ondoua, Georges-Kevin N'Koudou, dan Vincent Aboubakar.

Swiss pun melakukan beberapa perubahan setelah unggul. Haris Seferovic, Noah Okafor, dan Fabian Frei dimasukkan untuk membawa warna baru dalam permainan Swiss. Beberapa perubahan ini membuat permainan makin hidup.

Lewat sosok-sosok baru yang masuk, Kamerun coba meningkatkan intensitas permainan. Sekarang, giliran Swiss yang bertahan. Manuel Akanji dan Nico Elvedi mulai bekerja untuk menghalau serangan-serangan Kamerun.

Situasi ini terus berlangsung di sisa waktu babak kedua. Kamerun gagal mencetak gol penyama kedudukan, sedangkan Swiss pun urung menambah angka. Skor 1-0 pun bertahan sampai babak kedua tuntas.

Baca Juga: Skuad Resmi Timnas Swiss di Piala Dunia 2022, Cek Daftar Pemainnya!

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya