Tampil Apik, Liverpool Sukses Bungkam RB Leipzig

Hasil ini jadi bekal buat Liverpool di leg kedua nanti

Jakarta, IDN Times - Liverpool tampil ciamik dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/21. Berlaga di Puskas Arena, Rabu (17/2/2021) dini hari, mereka menang 2-0 atas RB Leipzig.

Gol-gol Liverpool dalam laga ini dilesakan Mohamed Salah dan Sadio Mane. Hasil ini pun jadi keuntungan tersendiri bagi Liverpool, mengingat di leg kedua nanti, mereka akan tampil di Anfield, markas mereka sendiri.

Pada laga ini, Liverpool dan Leipzig menurunkan para pemain intinya. Trio Mohamed Salah-Roberto Firmino-Sadio Mane turun sejak awal, begitu juga Jordan Henderson. Dari kubu Leipzig, Christopher Nkunku turun sejak awal di depan, begitu juga Angelino dan Dayot Upamecano.

Di awal babak pertama, laga berjalan alot. Alih-alih mengambil inisiatif, kedua tim tampak bermain dengan hati-hati. Namun, seiring berjalannya laga, tensi permainan mulai meninggi. Inisiasi dimulai oleh Leipzig selaku tuan rumah.

Leipzig mulai menekan Liverpool dengan agresif. Namun, rapatnya pertahanan Liverpool membuat mereka kesulitan. Para pemain Liverpool berhasil menjaga ruang di lini pertahanan mereka dengan baik. Hal itu mempersempit pergerakan para pemain depan Leipzig.

Malah, beberapa kali serangan balik yang diperagakan Liverpool membahayakan pertahanan Leipzig. Firmino dan Mane mendapatkan kesempatan untuk membobol gawang Peter Gulacsi. Sayang, mereka berdua gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Di sisa waktu babak pertama, Leipzig tetap mencoba membongkar pertahanan Liverpool, sembari menjaga diri dari serangan balik Liverpool. Namun, sampai babak pertama usai, skor 0-0 tetap tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Liverpool mencoba bermain sedikit lebih menekan. Hasilnya apik. Pada menit 53, mereka membuka keunggulan. Memanfaatkan koordinasi yang buruk di lini pertahanan Leipzig, Salah berhasil mencetak gol. Skor 1-0 untuk Liverpool.

Unggul satu angka, Liverpool mulai menggila. Selang lima menit kemudian, mereka sukses mencetak gol kedua. Kembali diwarnai eror di pertahanan Leipzig, Mane berhasil memanfaatkan hal tersebut dan membobol gawang Gulacsi. Keunggulan Liverpool bertambah.

Untuk mengubah permainan, Leipzig memasukkan beberapa nama baru seperti Yussuf Poulsen, Willi Orban, dan Hwang Hee-chan. Liverpool juga memasukkan nama-nama seperti Xherdan Shaqiri dan Alex-Oxlade Chamberlain untuk menjaga keseimbangan permainan.

Di sisa waktu babak kedua, Leipzig berusaha keras untuk memperkecil ketertinggalan. Tekanan demi tekanan mereka lakukan, tetapi hal itu urung berbuah gol karena lini pertahanan Liverpool tampil apik. Mereka mampu memutus serangan Leipzig. Walhasil, sampai babak kedua tuntas, Liverpool sukses menjaga keunggulan 2-0 atas RB Leipzig.

Baca Juga: PSG Bantai Barcelona di Camp Nou, Mbappe Gemilang

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya