Tanpa Real Madrid, Timnas Spanyol Bisa Apa di Piala Eropa?

Timnas Spanyol tidak diperkuat pemain Real Madrid

Jakarta, IDN Times - Kejutan terjadi di skuad Timnas Spanyol untuk Piala Eropa 2020. Secara mengejutkan, Luis Enrique tidak memanggil satu pun pemain Real Madrid untuk memperkuat Spanyol di ajang tersebut.

Jadi, di ajang Piala Eropa 2020 nanti, kita tidak akan melihat nama-nama macam Sergio Ramos, Dani Carvajal, Marco Asensio, sampai Lucas Vazquez, di skuad Spanyol. Hal ini jelas jadi sebuah keanehan tersendiri, mengingat Madrid sejatinya rutin menyumbang pemain untuk Timnas Spanyol.

Lalu, apakah Spanyol bisa bersaing di Piala Eropa 2020 nanti, kendati tidak diperkuat oleh sederet bintang dari Madrid?

Baca Juga: Timnas Spanyol Tanpa Real Madrid di Piala Eropa 2020 

1. Andalkan sejumlah veteran

Tanpa Real Madrid, Timnas Spanyol Bisa Apa di Piala Eropa?twitter.com/FCBarcelonaFl

Terlepas dari absennya Ramos dan beberapa pemain Madrid, Spanyol masih diperkuat oleh sejumlah pemain berpengalaman di Piala Eropa 2020 nanti. Ada nama Sergio Busquets dan Jordi Alba yang dapat jadi pengayom bagi para pemain muda.

Total, Busquets dan Alba masing-masing sudah membukukan 122 serta 72 penampilan bersama La Furia Roja. Keduanya juga menjadi bagian dari Spanyol yang menjuarai Piala Eropa 2012 lalu, dan Busquets juga mengantarkan Spanyol juara Piala Dunia 2010.

Selain itu, ada juga Cesar Azpilicueta yang kembali dipanggil, setelah dua tahun absen membela Spanyol. Hadirnya sejumlah veteran ini jadi jaminan pengalaman untuk skuad Spanyol, yang sudah tidak diperkuat lagi pemain seperti David Silva maupun Cesc Fabregas.

2. Menakar kekuatan Spanyol lini per lini

Tanpa Real Madrid, Timnas Spanyol Bisa Apa di Piala Eropa?skysports.com

Dengan tidak adanya para pemain Madrid, maka kekuatan Spanyol dari lini per lini pun sedikit berubah. Cuma di posisi penjaga gawang yang tidak ada mengalami perubahan karena masih dihuni muka lama seperti David de Gea.

Di lini belakang, ketiadaan Ramos menghadirkan pertanyaan: siapa yang akan jadi pemegang komando di lini pertahanan? Menilik penampilan sepanjang musim 2020/21, semestinya Aymeric Laporte yang dapat kepercayaan tersebut, karena tampil perkasa sepanjang musim di sektor pertahanan Manchester City.

Sedangkan, di lini tengah, adanya sosok Busquets plus Thiago Alcantara jadi jaminan distribusi bola dari tengah. Meski nantinya akan kehilangan tusukan dari sayap khas Marco Asensio, setidaknya ada Dani Olmo, Marcos Llorente, dan Pedri yang bisa melakukan hal serupa.

Lalu, ketika Thiago dan Busquets nantinya absen, Rodri juga bisa berperan sebagai distributor plus breaker di lini tengah. Ada juga Fabian Ruiz yang dapat menjadi pengalir bola di tengah.

Yang jadi menarik adalah lini depan. Posisi penyerang tengah tentu akan jadi milik Alvaro Morata yang memang tampil baik bersama Juventus sepanjang musim 2020/21. Ada juga Ferran Torres yang dapat menjadi alternatif jika Enrique mau main dengan false nine.

Perkara manuver dari sayap, Adama Traore, Pablo Sarabia, dan Gerard Moreno, bisa diandalkan Enrique. Jangan lupakan juga Mikel Oyarzabal yang dapat jadi alternatif jika Morata harus mendadak absen.

3. Spanyol masih bisa bersaing tanpa pemain Real Madrid

Tanpa Real Madrid, Timnas Spanyol Bisa Apa di Piala Eropa?goal.com

Menilik pemain yang dipanggil oleh Enrique, sejatinya Spanyol masih punya kekuatan untuk bersaing di Piala Eropa 2020 nanti. Kini, tinggal tugas dari eks pelatih AS Roma dan Barcelona itu untuk meramu tim berdasarkan kemampuan yang mereka miliki.

Jika melihat kebiasaan Enrique yang senang menggunakan formasi dasar 4-3-3, Ferran Torres, Thiago, Jose Gaya, Jordi Alba, serta Morata, akan mendapatkan keleluasaan dalam bermain. Keempat pemain ini juga rutin dipakai Enrique saat Spanyol mentas di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Alhasil, Timnas Spanyol tidak perlu khawatir meski tidak diperkuat pemain Madrid di Piala Eropa 2020. Karena, pemain yang dipanggil Luis Enrique sekarang, adalah mereka yang sudah terbiasa dengan skema Enrique.

Baca Juga: Sudah Cedera, Sergio Ramos Juga Positif COVID-19

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya