Comscore Tracker

Tanpa Zlatan Ibrahimovic, AC Milan Tetap Tangguh! 

Milan menang atas Fiorentina tanpa Ibrahimovic

Jakarta, IDN Times - Kekhawatiran sempat menyeruak tatkala AC Milan tidak akan diperkuat Zlatan Ibrahimovic dalam laga pekan 9 Serie A 2020/21. Sebab Ibra, begitu Ibrahimovic disapa, mengalami cedera hamstring bertanding melawan Napoli pada laga pekan ke-8.

Ibrahimovic adalah mesin gol buat Milan. Penyerang asal Swedia itu sudah mencetak 10 gol buat Milan sejauh ini di Serie A, menjadikannya sebagai topskorer tim.

Kehadiran Ibrahimovic juga menjadikan lini serang Milan semakin hidup. Rata-rat ia melakukan tembakan per laga di Serie A 5,8 kali (tertinggi di Milan), belum lagi rataan umpan kunci per laganya yang juga mencapai angka (1,5 kali) tertinggi ketiga.

Semua catatan ini menunjukkan besarnya kontribusi Ibrahimovic buat lini depan Milan. Alhasil, saat Ibrahimovic absen di laga lawan Fiorentina, kekhawatiran bahwa lini depan Milan akan menjadi tumpul menyeruak.

Namun Milan mampu menjawab keraguan tersebut. Mereka menundukkan Fiorentina dengan skor 2-0 dan lini depan mereka tidak menunjukkan penurunan performa sama sekali.

1. Hakan Calhanoglu, kunci bergeraknya serangan Milan

Tanpa Zlatan Ibrahimovic, AC Milan Tetap Tangguh! Hakan Calhanoglu. (Twitter/acmilan)

Lini serang Milan tetap produktif di laga lawan Fiorentina. Selain dua gol yang sukses mereka sarangkan, catatan-catatan serangan Milan di laga ini juga terbilang apik, meski mereka tidak diperkuat Ibrahimovic.

Total, Milan sukses mencatatkan 17 tembakan dalam laga tersebut, berbanding 5 milik Fiorentina. Tidak cuma itu, merka juga mampu mengalirkan bola dengan baik ke area pertahanan Fiorentina, dengan total 13 umpan kunci.

Siapa tokoh di balik mengalirnya serangan Milan ini? Ia adalah Hakan Calhanoglu. Pemain asal Turki itu mampu menjadi motor serangan Milan lewat torehan 5 umpan kunci dan 5 tembakan. Ia juga jadi pemain dengan jumlah umpan terbanyak kedua di laga itu, yakni 47 kali.

Hadirnya Calhanoglu membuat pemain-pemain depan Milan tetap mendapatkan suplai. Sayang, memang penampilan Ante Rebic belum terlalu maksimal di laga ini. Namun, setidaknya ini adalah sinyal positif buat Milan

Baca Juga: AC Milan Bungkam Napoli 3-1, Zlatan Ibrahimovic Menggila!

2. Franck Kessie yang menuai pujian

Tanpa Zlatan Ibrahimovic, AC Milan Tetap Tangguh! zimbio.com

Selain Calhanoglu, Kessie juga menjadi pemain yang mendapatkan sorotan di laga ini. Ia menjelma tokoh sentral di lini tengah Milan yang mampu bertahan dan menyerang sama baiknya. Bahkan, Kessie mampu menyumbang satu gol lewat tendangan penalti.

Kehadiran Kessie juga membantu kinerja Calhanoglu. Total, 1 umpan kunci, 5 tembakan (2 mengarah ke gawang), dan 34 umpan yang ia lepaskan di laga itu membuat lini tengah Milan hidup. Penampilan Kessie pun mengundang pujian asisten pelatih Milan, Daniele Bonera.

"Kami tahu pentingnya Kessie untuk. Ia telah menjadi sosok sentral di lini tengah kami. Dulu, kami mengira dia cuma gelandang berotot saja, namun, kami melihat bahwa tekniknya juga berkembang. Kami senang dengannya," ujar Bonera, dilansir Football Italia.

3. Skema bola mati mematikan dan lini serang yang cair

Tanpa Zlatan Ibrahimovic, AC Milan Tetap Tangguh! AC Milan vs Fiorentina. (Twitter/acmilan)

Lini depan Milan diisi oleh Alexis Saelemakers, Brahim Diaz, Hakan Calhanoglu, dan Ante Rebic di laga itu. Apiknya, keempat pemain ini mampu saling mengisi di lini depan, meski perlu diakui Rebic masih kurang klinis.

Selain itu, Milan juga memiliki skema bola mati mematikan. Gol Alessio Romagnoli di laga ini jadi tanda bahwa ada skema bola mati yang siap dimanfaatkan Milan untuk membobol gawang lawan, dengan atau tanpa Ibrahimovic.

Ya, kemenangan ini pun menunjukkan bahwa tanpa Zlatan Ibrahimovic-pun, AC Milan tetap mampu menunjukkan performa yang brilian.

Baca Juga: Zlatan Ibrahimovic Bagi-bagi Play Station 5 ke para Pemain AC Milan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya