TC Timnas U-19, Jim Croque Rasakan Tempaan Shin Tae Yong

Jim Croque akui Shin Tae Yong pelatih luar biasa

Jakarta, IDN Times - Salah satu pemain yang akan dinaturalisasi Indonesia, Jim Croque, berkesempatan mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 di Jakarta, Selasa (21/6/2022). Latihan dipimpin langsung oleh Shin Tae Yong.

Selepas latihan, Croque pun mengungkapkan perbedaan metode latihan yang dia rasakan di Belanda dan di Timnas U-19. Dia pun mengakui, latihan di tim Garuda Asia ini jauh lebih keras dibandingkan di Belanda.

"Cara berlatih di sini juga beda dengan di Belanda. Di Belanda, latihan biasa dilakukan dengan sistem set. Di sini, pemain benar-benar di-push sampai batas terkuat mereka. Jadi, saya harus beradaptasi dengan cuaca dan juga cara berlatih," ujar Croque.

1. Croque kagum akan Shin Tae Yong

TC Timnas U-19, Jim Croque Rasakan Tempaan Shin Tae YongShin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. (pssi.org)

Usai merasakan tempaan keras Shin Tae Yong, Croque mengaku kagum akan sosok asal Korea Selatan itu. Menurutnya, Shin selalu memberi arahan jelas kepada para pemain saat latihan. Dia juga selalu mengajak para pemain untuk menabrak batas.

"Dia (Shin) adalah pelatih bagus. Saya menghormatinya. Dia selalu memastikan semua pemain melakukan hal yang benar. Dia juga selalu mengajak pemain untuk terus menabrak batas, melakukan yang terbaik di latihan," kata Croque menuturkan.

Baca Juga: Kai Bohem Siap Terapkan Gaya Main Eropa di Timnas U-19

2. Croque sudah mempelajari sepak bola Indonesia

TC Timnas U-19, Jim Croque Rasakan Tempaan Shin Tae YongJim Croque, calon pemain naturalisasi Timnas U-19. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebelum datang ke Indonesia, Croque sudah mempelajari sepak bola tanah air terlebih dulu. Croque pernah menonton laga Timnas Indonesia lawan Thailand, baik itu di final Piala AFF 2020 maupun SEA Games 2021.

"Saya pernah menonton laga Indonesia lawan Thailand, Timnas Indonesia sangat bagus, tetapi ya, memang sepak bola di sini sangat berbeda dengan Eropa," ujar Croque.

3. Bermain di Timnas U-19 jadi kebanggaan

TC Timnas U-19, Jim Croque Rasakan Tempaan Shin Tae YongJim Croque, calon pemain naturalisasi Timnas U-19. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lebih lanjut, Croque mengaku bermain di Indonesia jadi sebuah kebanggaan baginya. Dia juga senang, lantaran atensi masyarakat terhadap Timnas U-19 di negara ini sangat besar. Hal itu berbeda dengan yang terjadi di Belanda.

"Saya cinta negara ini, dan bangga bisa mewakili negara asal kakek dan nenek. Orang-orang sangat baik di sini. Beda dengan Belanda, sedikit orang yang mengenal pemain Timnas U-19, tapi tidak dengan di sini. Lebih banyak cinta," kata Croque.

Jim Croque, bersama Kai Boham dan Max Christoffel, diproyeksikan akan dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas U-19 di ajang Piala Dunia U-20. Akan tetapi, pada akhirnya semua akan tergantung pada keputusan Shin Tae Yong selaku pelatih.

Baca Juga: TC Timnas U-19, Pemain Keturunan Kritisi Lapangan Stadion Madya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya