Comscore Tracker

Tekanan Super Gudang Bintang Inggris di Piala Eropa 2020

Ekspektasi besar iringi Timnas Inggris

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, sudah mengumumkan 26 nama final yang akan dibawa untuk mengarungi gelaran Piala Eropa 2020. Tidak tanggung-tanggung, Southgate langsung menetapkan target untuk Inggris di ajang tersebut.

Southgate menyebut, Inggris harus masuk semifinal Piala Eropa 2020. Menurutnya, jika target itu tidak tercapai, Inggris bisa dikategorikan gagal di ajang sepak bola empat tahunan antar negara Eropa tersebut.

"Saya rasa, kami harus realistis soal itu (target semifinal), karena ekspektasi masyarakat besar terhadap kami. Apalagi, kami juga sukses masuk semifinal di dua ajang terakhir. Di sini, kami harus bisa melangkah lebih jauh," ujar Southgate, dilansir BBC.

Baca Juga: Sempat Drama, Timnas Inggris Akhirnya Rilis Skuad Piala Eropa 2020

1. Target masuk akal buat gudang bintang

Tekanan Super Gudang Bintang Inggris di Piala Eropa 2020Inggris vs San Marino (Twitter.com/England)

Apa yang diucapkan oleh Southgate memang masuk akal. Dalam gelaran Piala Dunia 2018, Inggris tampil ciamik dan mampu menembus semifinal. Setahun setelahnya, di UEFA Nations League, Inggris kembali masuk ke semifinal.

Karena dua pencapaian itu, ekspektasi masyarakat Inggris melambung. Tagar #FootballIsComingHome terus bergema, berharap Inggris bisa meraih gelar juara dari turnamen internasional.

Ditambah, faktanya Inggris memang dijejali skuad bintang dalam Piala Eropa 2020. Southgate saja sampai bingung saat mau menentukan 26 pemain untuk skuad utama dan banyak drama yang dilalui. Namun, Southgate dan anak-anak asuhnya siap menghadapi ekspektasi itu, karena semua pemainnya kini tengah berada dalam gairah tinggi jelang Piala Eropa 2020.

"Gairah tim ini sedang tinggi, dan ini jadi bekal yang bagus buat kami," ujar Southgate.

2. Susunan tim yang aneh

Tekanan Super Gudang Bintang Inggris di Piala Eropa 2020Gareth Southgate menyaksikan langsung jalannya pertandingan dari tribun penonton. (talksport.com)

Southgate melakukan metode pemanggilan yang unik untuk skuad Inggris di ajang Piala Eropa 2020 ini. Pertama, dia memanggil empat full-back kanan, yakni Reece James, Trent Alexander-Arnold, Kyle Walker, dan Kieran Trippier.

Selanjutnya, Southgate juga memanggil dua pemain, Jordan Henderson dan Harry Maguire, kendati mereka tengah cedera. Dia menyebut, ada alasan tersendiri di balik pemanggilan unik yang ia lakukan ini.

Untuk empat full-back kanan, Southgate mengungkapkan itu lebih kepada alasan taktik. Sedangkan pemanggilan Henderson dan Maguire, dia mengaku membutuhkan pengalaman dari kedua pemain tersebut.

"Maguire dan Henderson memang masih cedera. Tetapi, mereka punya pengalaman dan jiwa kepemimpinan yang bagus, dan itu akan jadi hal positif untuk tim ini," ujar Southgate.

3. Inggris tergabung di grup penuh jebakan

Tekanan Super Gudang Bintang Inggris di Piala Eropa 2020UEFA Euro 2020 (skysports.com)

Sama seperti Spanyol, Inggris juga tergabung dalam grup yang terbilang penuh jebakan di Piala Eropa 2020. Mereka akan bertemu Kroasia, Skotlandia, dan Republik Ceko, di Grup D.

Kroasia adalah lawan yang sukses membuat Inggris terhenti di semifinal Piala Dunia 2018. Sedangkan Skotlandia dan Republik Ceko adalah tim yang juga punya potensi merepotkan. Apalagi, banyak juga pemain Skotlandia yang main di Premier League.

Baca Juga: Jack Grealish, Penerus Tongkat Keramat David Beckham

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya