Terlepas Masalah Uang, Barcelona Tetap Harus Diwaspadai Musim Depan

Barcelona tetap kuat di atas lapangan

Jakarta, IDN Times - Barcelona adalah klub yang unik saat ini. Mereka sejatinya tengah terkena masalah finansial, buah dari utang menumpuk, transfer asal-asalan di masa lalu, serta hantaman parah dari pandemik COVID-19.

Hadirnya Presiden Joan Laporta, menggantikan Josep Bartomeu yang didepak lantaran terlibat dalam skandal Barcagate, nyatanya tidak membuat Barcelona langsung membaik. Masalah keuangan era Bartomeu terasa hingga era Laporta ini.

Berbagai cara pun dilakukan agar Barcelona bernapas. Barcelona sampai mengaktifkan 'economic lever' berupa penjualan hak siar dan aset tim ke pihak ketiga. Hal itu semata supaya Barcelona dapat suntikan dana, yang membuat mereka tetap bisa beroperasi.

Terlepas dari masalah finansial yang dialami tim, Barcelona tetaplah tim kuat. Musim lalu, mereka hampir saja menyergap Real Madrid, andai tidak dihinggapi inkonsistensi di akhir musim. Mereka juga tetap bisa kompetitif di Liga Europa.

Musim ini, Barcelona masih harus diwaspadai. Kendati mereka terlilit masalah uang dan utang, penampilan Barcelona selama pramusim sangatlah menjanjikan.

Baca Juga: Resmi Diperkenalkan Barcelona, Jules Kounde: Bukan Pilihan Besar

1. Barcelona belum terkalahkan selama pramusim

Terlepas Masalah Uang, Barcelona Tetap Harus Diwaspadai Musim DepanBarcelona lawan Real Madrid di pramusim. (ANTARA FOTO/REUTERS/Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)

Sejauh ini, Barcelona melakoni lima laga pramusim. Dari lima laga tersebut, mereka belum pernah tersentuh kekalahan, dengan hasil dua kali imbang dan tiga kali menang. Barcelona juga cukup produktif selama pramusim.

Tercatat, mereka berhasil menorehkan 12 gol dari lima laga. Torehan terbanyak terjadi saat mereka bersua Inter Miami. Di laga itu, mereka menang dengan skor telak 6-0. Menilik hasil-hasil ini, tampak bahwa Barcelona punya kekuatan ciamik.

Lini pertahanan Barcelona juga cukup kuat. Dari lima laga pramusim yang sudah dilakoni, mereka hanya kebobolan tiga gol. Hal itu menandakan bahwa skema pertahanan yang mereka terapkan, sulit untuk dibobol oleh lawan-lawan mereka.

2. Banyak rekrutan baru yang menjanjikan

Terlepas Masalah Uang, Barcelona Tetap Harus Diwaspadai Musim DepanCth: instagram/rl9

Selain penampilan ciamik dalam lima laga pramusim, Barcelona juga aktif di bursa transfer musim panas 2022 ini. Banyak pemain yang mereka daratkan, dan beberapa di antaranya adalah pemain berstatus bintang.

Ada Franck Kessie, Andreas Christensen, Raphinha, Robert Lewandowski, dan terbaru Jules Kounde yang berhasil Barcelona daratkan. Mereka juga dikabarkan tengah mengincar beberapa nama lain, seperti Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso.

Beberapa rekrutan baru pun langsung menunjukkan taji di pramusim. Raphinha mencetak gol masing-masing di laga lawan Inter Miami dan Real Madrid di Amerika Serikat. Lewandowski juga mulai menyatu dengan para pemain Barcelona yang lain.

Hadirnya nama-nama baru ini menjadikan manajer Barcelona, Xavi Hernandez, punya banyak opsi di setiap lini. Alhasil, banyak skema yang dicoba Barcelona selama pramusim, agar kelak mereka bisa jadi tim yang fleksibel di musim 2022/23.

3. Akankah Barcelona juara LaLiga lagi?

Terlepas Masalah Uang, Barcelona Tetap Harus Diwaspadai Musim DepanBarcelona vs Real Sociedad. (antaranews.com/ANTARA FOTO/Reuters-Albert Gea)

Terakhir kali, Barcelona juara LaLiga pada musim 2018/19 silam. Saat itu, mereka masih diperkuat nama-nama macam Lionel Messi dan Luis Suarez. Sekarang, keduanya sudah pergi dari tim, dan Barcelona menuju era baru.

Melihat proses transfer yang Barcelona lakukan, peluang mereka untuk menjuarai liga musim ini cukup besar. Jarang-jarang mereka mendatangkan lagi nama-nama besar untuk menopang tim seperti ini. Barcelona bahkan lebih cepat ketimbang Real Madrid.

Namun, untuk menjadi juara, tentu masih banyak hal yang harus dibenahi Barcelona, terutama masalah finansial. Keuangan sehat akan mengantarkan mereka jadi tim yang lebih kuat lagi, baik itu di Spanyol ataupun Eropa.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya