Comscore Tracker

Teror Tridente Maut Italia di Piala Eropa 2020

Wajah Italia kini berubah drastis

Jakarta, IDN Times - Dalam laga pembuka Piala Eropa 2020 yang mempertemukan Italia vs Turki, ada satu hal menarik yang muncul. Skuat Gli Azzuri yang sekarang tidak hanya kuat dalam bertahan saja.

Di bawah polesan Roberto Mancini, Italia berkembang jadi tim yang juga kuat dalam menyerang. Tiga gol yang mereka sarangkan ke gawang Turki bisa jadi bukti, betapa menakutkannya lini serang Italia, yang sekarang diwakili tridente baru.

Ciro Immobile, Domenico Berardi, dan Lorenzo Insigne, menjadi trisula maut yang patut diperhatikan oleh lawan-lawan Italia selanjutnya.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: 3 Catatan Menarik Kemenangan Italia Atas Turki 

1. Ciro Immobile sang penebar teror

Teror Tridente Maut Italia di Piala Eropa 2020Pesepak bola Italia Italy Ciro Immobile (kedua kiri) mencetak gol ke gawang Turki dalam laga perdana Group A Euro 2020, di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Jumat (11/6/2021). Italia berhasil mengalahkan Turki 3-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters- Mike Hewitt

Selain bersama Lazio, Immobile ternyata mampu tampil trengginas bersama Timnas Italia. Di laga lawan Turki, dia selalu bergerak, keluar-masuk kotak penalti, plus tak segan melepaskan tembakan.

Tidak hanya mencetak satu gol ke gawang Turki, secara keseluruhan, Immobile konsisten menyajikan ancaman untuk lawan. Dia mampu menorehkan enam tembakan serta dua umpan kunci di laga ini.

Catatan tersebut mencerminkan bahwa selain mencetak gol, Immobile juga bisa menjadi penyuplai bola yang baik untuk rekan-rekannya di depan. Dia bisa saling berbagi ruang dengan Insigne dan Berardi di depan.

2. Insigne dan Berardi yang cair

Teror Tridente Maut Italia di Piala Eropa 2020Pesepak bola Italia Lorenzo Insigne melakukan selebrasi setelah mencetak bol ke gawang Turki dalam laga perdana Group A Euro 2020, di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Jumat (11/6/2021). Italia berhasil mengalahkan Turki 3-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters- Mike Hewitt

Menjadi pendamping Immobile di lini serang, Insigne dan Berardi mampu menjadi penyokong yang baik untuk Immobile. Mereka berkomunikasi dengan lancar dan mampu untuk saling membuka ruang satu sama lain.

Jadi, ketika Immobile bergerak ke sayap, Insigne maupun Berardi siap melakukan tusukan ke kotak penalti. Alhasil, tidak heran jika catatan aksi menyerang Insigne dan Berardi tinggi di laga pembuka Piala Eropa 2020 antara Italia versus Turki.

Insigne menorehkan lima kali tembakan dan tiga umpan kunci. Sementara, Berardi mencatatkan empat kali tembakan serta lima umpan kunci. Mereka bertiga pun menjelma jadi tridente menakutkan Italia di lini serang.

3. Senyum lebar Mancini

Teror Tridente Maut Italia di Piala Eropa 2020Pesepak bola Italia Lorenzo Insigne (kanan) melakukan celebras denna rekannya Jorginho setelah mencetak bol ke gawang Turki dalam laga perdana Group A Euro 2020, di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Jumat (11/6/2021). Italia berhasil mengalahkan Turki 3-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters- Mike Hewitt

Mancini mengaku puas melihat performa anak-anak asuhnya di laga lawan Turki, termasuk tiga pemainnya di lini serang. Namun, Mancini mengingatkan perjalanan masih jauh dan banyak yang bisa terjadi.

"Kami tampil baik di laga ini. Kami mengalirkan bola dengan cepat, dan selalu mencari ruang kosong. Awal yang bagus buat kami, karena Turki adalah tim kuat. Namun, Wembley (venue final Piala Eropa 2020) masih jauh," ujar Mancini, dilansir Football Italia.

Baca Juga: 4 Pemain Kunci Italia untuk Taklukkan Turki di Piala Eropa 2020

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya