Tiba di India, Timnas Wanita Indonesia Jalani Latihan Ringan

Latihan ini berguna untuk memulihkan kondisi

Jakarta, IDN Times - Timnas Wanita Indonesia sudah tiba di India, venue digelarnya Piala Asia Wanita 2022, Senin (17/1/2022) petang. Setelah beristirahat, Garuda Pertiwi menggelar sesi latihan secara virtual di hotel Royal Orchid Grazia, Mumbai, India pada Selasa (18/1.2022) pagi.

Skuad Garuda Pertiwi yang sedianya dijadwalkan menggelar sesi latihan pagi hari ini di lapangan latihan Yasvant Rao, Mumbai belum diperkenankan untuk meninggalkan kamar dan hotel, dikarenakan hasil tes swab PCR yang belum dirilis. Alhasil, untuk menjaga kondisi, latihan virtual pun dihelat.

Baca Juga: Menakar 3 Lawan Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia 2022

1. Stretching dan conditiong jadi menu utama latihan

Tiba di India, Timnas Wanita Indonesia Jalani Latihan RinganTimnas Wanita Indonesia. (pssi.org)

Untuk menjaga kondisi anak-anak di India, pelatih Rudy Eka Priyambada didampingi asisten pelatih serta pelatih fisik Gaselly Jun Panam memberikan beberapa materi conditioning kepada 23 pemain. Materi latihan ini menghabiskan waktu selama 90 menit.

“Pagi ini para pemain diberikan materi streching dan conditioning. Materi yang diberikan ini untuk menjaga kondisi pemain agar tetap fit ketika nanti kembali lagi ke lapangan untuk berlatih” ujar Gaselly dalam keterangan resminya.

Pada sesi latihan pagi, para pemain melakukan streching atau pemanasan statis terlebih dahulu, diikuti beberapa gerakan menggunakan rubber band untuk pergelangan kaki, lutut hingga tangan. Serta menggunakan wheel roller sebagai salah satu bentuk latihan conditioning.

Baca Juga: Ketum PSSI Mau Timnas Indonesia Wanita Lolos Fase Grup Piala Asia

2. Materi latihan ringan ini membantu pemain

Tiba di India, Timnas Wanita Indonesia Jalani Latihan RinganSejumlah pesepak bola timnas putri Indonesia mengikuti pengenalan dan pembukaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). Pembukaan pemusatan latihan yang dimulai tepat bersamaan dengan peringatan Hari Wanita Internasional hingga 31 Maret itu untuk menpersiapkan timnas putri Indonesia berlaga di SEA Games 2021 di Vietnam dan turnamen-turnamen internasional lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Salah satu penggawa Timnas Wanita, Ade Mustikiana, menyebut bahwa menu latihan ringan ini sangat membantu para pemain, selepas melakoni perjalanan jauh ke India. Materi ini membuat para pemain tetap aktif bergerak.

“Materi yang diberikan pelatih fisik sangat membantu kami agar tetap aktif bergerak meski berada di dalam kamar sambil menunggu hasil tes PCR dirilis. Semoga semua bisa kembali berkumpul di lapangan secepatnya” ujar Ade.

3. Timnas Wanita Indonesia menanti hasil swab PCR

Tiba di India, Timnas Wanita Indonesia Jalani Latihan RinganPesepak bola timnas putri Indonesia Zahra Muzdalifah menendang bola saat pertandingan internal pada pengenalan dan pembukaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021). Pembukaan pemusatan latihan yang dimulai tepat bersamaan dengan peringatan Hari Wanita Internasional hingga 31 Maret itu untuk menpersiapkan timnas putri Indonesia berlaga di SEA Games 2021 di Vietnam dan turnamen-turnamen internasional lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/

Skuad Garuda Pertiwi hingga saat ini masih berada di hotel dan belum melakukan latihan perdana di India. Ade dan kawan-kawan masih harus menunggu hasil swab PCR sebelum akhirnya diperbolehkan untuk menggelar sesi latihan.

Timnas Wanita Indonesia sudah berada di India sejak Senin (17/1/2022) petang untuk mengikuti gelaran Piala Asia Wanita 2022 di Mumbai, India. Indnesia tergabung di grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina. Indonesia akan menghadapi laga perdana lawan Australia pada 21 Januari.

Berikut jadwal pertandingan Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia 2022:

Jumat, 21 Januari 2022
Australia vs Indonesia
Stadion Mumbai Football Arena

Senin, 24 Januari 2022
Indonesia vs Thailand
Stadion D.Y Patil Navi Mumbai

Kamis, 27 Januari 2022
Filipina vs Indonesia
Stadion Shiv Chhatrapati Sports Complex

Baca Juga: Motivasi Ade Santika Bawa Timnas Indonesia Wanita, Kejutkan Australia

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya