Comscore Tracker

Tim-tim yang Berpotensi Degradasi di Liga 1, Ada Persipura

Peluang Persiraja lolos tipis karena poin sudah tertinggal

Jakarta, IDN Times - Gelaran Liga 1 2021/22 sebentar lagi tuntas. Tidak hanya penentuan gelar juara, penentuan siapa tim-tim yang akan degradasi juga jadi sesuatu yang layak ditunggu di akhir kompetisi.

Saat ini, masih ada beberapa tim yang berpotensi terseret ke zona degradasi. Selain Persiraja, tim-tim macam Persela, Persipura, Barito Putera, Madura United, Tira-Persikabo, PSS, hingga PSM yang juga belum aman dari jerat degradasi.

Mari kita menelisik, seperti apa potensi degradasi tersebut dan siapa yang berpeluang besar turun kasta musim ini?

1. Persiraja jadi pesakitan

Tim-tim yang Berpotensi Degradasi di Liga 1, Ada PersipuraPersiraja saat melakukan sesi foto tim sebelum pertandingan. (Dok. Persiraja).

Dari sekian tim yang ada di zona degradasi saat ini, Persiraja jadi pesakitan. Mereka berada di peringkat terakhir, dengan catatan 13 poin dari 29 laga. Mereka hanya mampu mencatatkan dua kemenangan dan tujuh hasil imbang.

Potensi Persiraja untuk keluar dari zona degradasi pun sangat sulit. Apalagi, mereka berselisih 14 poin dari Barito Putera, tim terakhir yang berada di zona aman. Namun, peluang mereka untuk lepas masih ada.

Syaratnya, Persiraja harus memenangi lima laga sisa, dan berharap Barito Putera tidak meraih satu poin pun. Namun, situasi sulit dihadapi Persiraja di lima laga sisa, apalagi mereka masih akan bersua tim besar.

Baca Juga: Lama Tak Degradasi, 5 Klub Ini Terancam Turun Kasta pada 2021/2022

2. Tim-tim di atas Persiraja belum aman

Tim-tim yang Berpotensi Degradasi di Liga 1, Ada PersipuraBarito ditahan imbang Borneo FC 1-1 dalam laga pekan ketiga Liga 1 musim ini, Jumat (17/9/2021). (ANTARA/Aditya Pradana Putra./hp.).

Selain Persiraja, tim-tim di atasnya juga masih belum aman. Persipura dan Persela masih harus berjuang melepaskan diri dari jerat degradasi. Persela berselisih tujuh poin dari Barito Putera yang berada di posisi 15.

Persela juga harus melakoni lawan-lawan berat di sisa laga Liga 1. Ada PSM, Tira-Persikabo, dan Bhayangkara FC yang harus mereka hadapi. Ketiga tim tersebut memiliki motivasinya masing-masing, termasuk Bhayangkara yang ingin jadi juara liga.

Sama seperti Persela, Persipura juga akan bersua tim-tim berat di sisa kompetisi. Ada PSM, Bhayangkara, dan PSS yang akan mereka hadapi. Dari jadwal-jadwal ini, tampak ada gesekan antara PSM, Persipura, dan Persela.

Jika Persela dan Persipura harus menghadapi lawan-lawan sulit, lain hal dengan Barito Putera. Mereka tinggal menghadapi tim-tim yang ada di posisi aman, seperti Persik dan Persita. Hanya Persebaya dan Persib-lah lawan berat yang kudu mereka hadapi.

Adu sikut juga akan terjadi antar Madura United, PSS, dan Tira-Persikabo. Posisi mereka masih belum aman, dan jika mereka terpeleset, bisa-bisa merekalah yang akan terjerembab ke jurang degradasi.

3. Penentuan nasib Persiraja

Tim-tim yang Berpotensi Degradasi di Liga 1, Ada PersipuraPersiraja Banda Aceh (Foto: Official Persiraja Banda Aceh)

Pekan ini, beberapa nasib tim papan bawah pekan Liga 1 akan ditentukan. Salah satunya adalah nasib Persiraja. Di pekan 30 kompetisi, 'Laskar Tanah Rencong' akan bersua Bali United, salah satu calon juara liga.

Jika Persiraja kalah dari Bali United, harapan mereka untuk lolos dari jerat degradasi pun tumpas. Sebab, mereka tidak bisa lagi mengumpulkan 15 poin, syarat minimal lepas dari zona degradasi. Mereka bisa jadi tim pertama yang terdegradasi dari Liga 1 2021/22.

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya