Timnas Futsal Berpotensi Main di SEA Games 2021

Futsal tengah ditinjau lagi oleh tim review

Jakarta, IDN Times - Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, menyatakan Indonesia memiliki rencana untuk memberangkatkan Timnas futsal ke SEA Games 2021. Tim review pun sudah menyetujui hal itu.

Namun, Chandra menyatakan permintaan aneh dari Federasi Futsal Indonesia (FFI) membuat tim peninjau urung memilih futsal sebagai cabor yang diberangkatkan ke SEA Games 2021. Hal itu sangat disayangkan oleh Kemenpora.

"Jadi, hasil tim peninjau adalah yang putra, tetapi Sekretaris Jenderal FFI memaksa minta putri. Makanya, kami sudah bantah. Kami tetap pada keputusan, yakni futsal putra yang bisa ke SEA Games," kata Chandra di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

1. Peluang futsal untuk berangkat masih terbuka

Timnas Futsal Berpotensi Main di SEA Games 2021Timnas Futsal Indonesia saat tampil di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Meski sempat tidak masuk cabor yang berangkat ke SEA Games 2021, kesempatan futsal untuk berangkat nyatanya tetap terbuka. Ketua Tim Review, Prof Mochamad Asmawi menyatakan pihaknya akan mempertimbangkan futsal berangkat ke SEA Games 2021.

"Kami masih menunggu teman-teman peninjau. Kami akan segera melakukan pertemuan dengan KONI dan KOI terkait bagaiamana prosedurnya," ucap Asmawi.

Baca Juga: Timnas Futsal Indonesia Berpeluang Main di SEA Games 2021

2. Menpora tegaskan tidak ada cabor yang berangkat mandiri

Timnas Futsal Berpotensi Main di SEA Games 2021Bank Mandiri jadi sponsor Piala Dunia Basket 2023. (dok. Humas FIBA)

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali berujar, tidak ada cabor yang berangkat mandiri. Semua cabor harus melalui proses penilaian oleh tim review bentukan Kemenpora. Hal itu sekaligus menjawab keinginan futsal untuk berangkat sendiri.

"Semua yang berangkat harus ditinjau lebih dulu. Kalau hasil bagus, kami biayai untuk berangkat. Kalau tak diizinkan, tidak berangkat. Walau mandiri, karena mereka tidak terdaftar. Kami yang mendaftarkan berangkat," ujar Zainudin.

3. Timnas futsal buka peluang berangkat ke SEA Games 2021

Timnas Futsal Berpotensi Main di SEA Games 2021Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Manajer Timnas Futsal, Dimas Bagus Kurniawan, mengungkapkan Indonesia berpotensi tampil di SEA Games 2021. Ini jadi sebuah kabar baik, mengingat Indonesia sempat dikabarkan tidak akan mengirim tim futsal.

"Insya Allah jadi (berangkat ke SEA Games 2021)," ujar Dimas.

Meski begitu, Dimas belum bisa menjabarkan mengenai detail keberangkatan Timnas Futsal Indonesia ke SEA Games 2021. Sekadar informasi, futsal jadi salah satu cabor yang tidak diberangkatkan, karena dinilai tidak punya potensi medali.

"Saya tidak bisa berkomentar soal itu (bagaimana Timnas Futsal Indonesia berpartisipasi di SEA Games 2021), termasuk siapa saja pemain yang masuk skuad. Soal teknis, itu jadi keputusan pelatih," ujar Dimas.

Baca Juga: Kalah Dramatis, Indonesia Gagal Raih Gelar Piala AFF Futsal 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya