Timnas Futsal Indonesia Berpeluang Main di SEA Games 2021

Futsal tidak masuk cabor yang berangkat ke SEA Games

Jakarta, IDN Times - Manajer Timnas Futsal Indonesia, Dimas Bagus Kurniawan, mengungkapkan tim futsal Indonesia berpotensi tampil di SEA Games 2021. Ini jadi sebuah kabar baik, mengingat Indonesia sempat dikabarkan tidak akan mengirim tim futsal.

"Insya Allah jadi (berangkat ke SEA Games 2021)," ujar Dimas, dilansir ANTARA.

1. Dimas belum bisa jabarkan detail keberangkatan

Timnas Futsal Indonesia Berpeluang Main di SEA Games 2021PSSI.org

Meski begitu, Dimas belum bisa menjabarkan mengenai detail keberangkatan Timnas Futsal Indonesia ke SEA Games 2021. Sekadar informasi, futsal jadi salah satu cabor yang tidak diberangkatkan, karena dinilai tidak punya potensi medali.

"Saya tidak bisa berkomentar soal itu (bagaimana Timnas Futsal Indonesia berpartisipasi di SEA Games 2021), termasuk siapa saja pemain yang masuk skuad. Soal teknis, itu jadi keputusan pelatih," ujar Dimas.

Baca Juga: Peraih Penghargaan Individu Piala AFF Futsal 2022, Ada Nama Albagir

2. Federasi Futsal Indonesia sudah siapkan atlet ke SEA Games 2021

Timnas Futsal Indonesia Berpeluang Main di SEA Games 2021Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Saat ini, Federasi Futsal Indonesia (FFI) serius menyiapkan para pemainnya untuk tampil di SEA Games 2021, baik untuk putra maupun putri. FFI bahkan sudah memanggil 18 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas putri, akhir Maret 2022 lalu.

Futsal dipertandingkan di SEA Games 2021 mulai pertengahan Mei 2022 nanti. Indonesia sukses meraih empat medali dari cabor futsal selama SEA Games. Rinciannya, tiga medali perunggu dari nomor putra, dan satu perunggu dari putri.

3. Timnas Futsal Indonesia jadi runner-up di Piala AFF 2022

Timnas Futsal Indonesia Berpeluang Main di SEA Games 2021Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Timnas Futsal Indonesia gagal menjadi juara Piala AFF 2022. Mereka kalah dari Thailand melalui drama adu penalti dalam final yang digelar di Bangkok, Thailand, Minggu (10/4/2022).

Kedua tim sempat bermain imbang 2-2 di waktu normal. Dua gol Indonesia dicetak Evan Soumilena (8') dan Ardiansyah Runtuboy (25’). Sementara, dua gol Thailand dilesakan Krit dan Muhammad Osamanmusa satu menit jelang pertandingan berakhir.

Dalam babak adu penalti, Runtuboy gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Sebaliknya, Thailand berhasil menceploskan semua bola pada babak tos-tosan. Timnas Futsal Indonesia pun gagal menjadi juara di Piala AFF 2022.

Baca Juga: Profil Osamanmusa: Jalan Terjal Karier Top Skor Piala AFF Futsal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya