Timnas Futsal Indonesia Dipastikan Berangkat ke SEA Games 2021

Timnas Futsal Indonesia jadi runner-up Piala AFF Futsal 2022

Jakarta, IDN Times - Timnas Futsal Indonesia akhirnya mendapat kepastian berangkat ke SEA Games 2021 Vietnam. Hal itu tak lepas dari keputusan tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) yang memasukkan nama cabor tersebut.

Hal ini disampaikan Chef de Mission (CdM) atau Ketua kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2021, Ferry J Kono, usai melakukan Rapat Koordinasi yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahrga (Menpora), Zainudin Amali, terkait Persiapan SEA Games Hanoi 2021 Tahun 2022 di kantor Kemenpora, Rabu (13/4).

"Kami sudah mendengarkan rekomendasi dari tim review, dalam hal ini Prof. Asmawi di mana dalam rekomendasinya cabang olahraga yang sudah ditetapkan baik DBON maupun non DBON akan ditambah satu cabang olahraga baru yaitu Futsal Putra, itu hasil review," kata Ferry dalam rilis resmi Kemenpora.

1. Timnas Futsal Indonesia akan diakreditasi CdM

Timnas Futsal Indonesia Dipastikan Berangkat ke SEA Games 2021Timnas Futsal Indonesia coba memutus dominasi Thailand di final Piala AFf Futsal 2022. (Dok. PSSI)

Selanjutnya, Joko menyebut, pihaknya akan melakukan akreditasi untuk Timnas Futsal Indonesia putra supaya bisa bertanding di SEA Games. 

"Akreditasi akan kami lakukan karena memang khusus untuk sepak bola, dia menyiapkan sistem drawing di awal," ujar Ferry. 

Sementara itu, Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Prof Dr Moch Asmawi menjelaskan, pihaknya telah melakukan review sehingga diputuskan Evan Soumilena dkk. Yang diberangkatkan ke SEA Games. Bukan tim futsal putri. 

"Kami mempunyai data yang lengkap, ternyata tim putra mempunyai tes,  parameter, termasuk fisik yang lebih baik dibandingkan yang putri," katanya. 

Baca Juga: 10 Fakta Muhammad Albagir, Kiper Terbaik Piala AFF Futsal 2022, Wong Semarang

2. Timnas Futsal Indonesia punya trak record yang bagus

Timnas Futsal Indonesia Dipastikan Berangkat ke SEA Games 2021Timnas Futsal Indonesia coba memutus dominasi Thailand di final Piala AFf Futsal 2022. (Dok. PSSI)

Selain itu, secara prestasi, Timnas Futsal Indonesia punya track record prestasi yang lebih baik di antaranya pernah menjuarai AFF 2010, tiga kali runner-up AFF, lima kali juara tiga di AFF. 

Selain itu, Timnas Futsal Indonesia juga baru saja meraih prestasi cukup baik. Mereka melangkah ke final Piala AFF Futsal 2022. Sayang pada laga pamungkas mereka kalah dari Thailand melalui drama adu penalti. Walhasil, mereka harus puas jadi runner-up di ajang ini.

Namun demikian, mereka dipastikan bakal mentas di Piala Asia Futsal 2022 yang digelar  di Kuwait pada 25 September-20 Oktober mendatang.

"Kemudian yang menjadi penguatan kami, ternyata kemarin waktu (AFF 2022) di Thailand tim putra menjadi runner-up  dikalahkan Thailand. Ini yang menjadi lebih penguatan kami. Kami simpulkan tim putra lebih layak diberangkatkan, kami memberikan rekomendasi untuk tim putra futsal," bebernya. 

3. Timnas Futsal Putri tak diberangkatkan ke SEA Games 2021

Timnas Futsal Indonesia Dipastikan Berangkat ke SEA Games 2021Timnas Futsal Indonesia coba memutus dominasi Thailand di final Piala AFf Futsal 2022. (Dok. PSSI)

Tak hanya itu, salah satu dasar penilaian lainnya adalah Timnas Futsal Indonesia putra, dipimpin pelatih asing berkualitas. Sebelumnya, pelatih asal Jepang, Kensuke Takahashi yang menangani skuad tersebut, tapi kini mereka ditangani Mohammad Hashemzadeh.

"Saya kira ini penguatan karena Iran itu adalah tim yg kemarin mengikuti kejuaraan dunia," ujar dia. 

Terkait keberangkatan tim putri, Tim review sendiri memastikan hanya akan memberangkatkan tim futsal putra. Sementara itu, pihaknya telah memanggil Federasi Futsal Indonesia (FFI) terkait hal tersebut. 

Baca Juga: 5 Fakta Mohammad Hashemzadeh, Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya