Timnas Futsal Indonesia Raih Perak SEA Games 2021

Indonesia kesulitan bersaing dengan Vietnam dan Thailand

Jakarta, IDN Times - Timnas Futsal Indonesia dipastikan meraih medali perak SEA Games 2021. Kepastian itu didapat selepas Vietnam menundukkan Myanmar di fase grup yang dihelat Rabu (18/5/2022) sore.

Dalam laga itu, Vietnam menang 4-0 atas Myanmar. Berkat kemenangan ini, Vietnam membuka peluang untuk meraih emas di SEA Games 2021. Hal yang sama juga berlaku untuk Thailand, lawan Vietnam di partai pamungkas.

Sedangkan bagi Indonesia, kesempatan meraih emas dari futsal pun sirna, terlepas dari hasil laga Vietnam dan Thailand. Apa sebabnya?

1. Hasil Vietnam lawan Thailand tidak berpengaruh banyak

Timnas Futsal Indonesia Raih Perak SEA Games 2021Timnas Futsal Indonesia saat tampil di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Apa pun hasil yang didapat Vietnam dan Thailand di laga terakhir grup, tidak akan berpengaruh banyak terhadap posisi Indonesia di klasemen sementara. Mari kita bikin studi kasusnya.

Jika Vietnam atau Thailand menang, baik itu Thailand atau Vietnam akan meraih 10 poin dan otomatis meraih medali emas. Yang kalah akan turun ke peringkat tiga dan harus rela meraih perunggu. Indonesia harus puas dengan perak.

Sedangkan jika laga Vietnam lawan Thailand berakhir imbang, Vietnam akan meraih poin delapan dan berhak atas medali emas. Sebab, Vietnam memiliki selisih gol +10, unggul atas Indonesia yang memiliki selisih gol +9.

Thailand, meski sama-sama meraih poin delapan, harus rela meraih perunggu. Selisih gol mereka hanya +5, kalah dari Vietnam dan Indonesia. Dari dua situasi ini, sudah dipastikan Indonesia meraih perak futsal SEA Games 2021.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas Futsal Indonesia Pastikan Sumbang Medali SEA Games 2021

2. Hasil imbang lawan Vietnam dan Thailand berpengaruh

Timnas Futsal Indonesia Raih Perak SEA Games 2021Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Kegagalan Indonesia meraih emas dikarenakan hasil imbang lawan Vietnam dan Thailand. Ketika bersua dua tim tersebut, skuad Indonesia gagal meraih kemenangan dan hanya meraih satu poin.

Alhasil, Indonesia kehilangan empat poin sehingga gagal bersaing dengan Vietnam dan Thailand. Dua kemenangan atas Malaysia dan Myanmar pun jadi tidak berarti, apalagi Indonesia juga kalah selisih gol dari Vietnam yang lebih produktif.

3. Menyamai raihan Piala AFF 2022

Timnas Futsal Indonesia Raih Perak SEA Games 2021Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Menilik apa yang didapat di ajang SEA Games 2021, tim Indonesia menyamai torehan ketika Piala AFF Futsal 2022 lalu. Saat itu, Indonesia juga harus puas berada di posisi runner-up, usai tumbang oleh Thailand di final.

Namun, raihan di SEA Games 2021 ini merupakan peningkatan drastis dari 2017 silam. Saat SEA Games 2017, Indonesia harus puas bertengger di posisi keempat, kalah dari Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas Futsal Indonesia Sikat Malaysia 3-0 di SEA Games 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya