Timnas Indonesia Akan Bersua Curacao, Ini 3 Hal yang Harus Diwaspadai

Curacao punya banyak senjata yang harus diwaspadai

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan bersua Curacao dalam laga FIFA Matchday, 24 dan 27 September 2022 mendatang. Sebagai tim berperingkat 84 FIFA, skuad Garuda tentu harus mewaspadai kekuatan dari tim asal CONCACAF tersebut.

Curacao sendiri sudah tiba di Indonesia pada Rabu (21/9/2022). Mereka disambut oleh banyak orang di bandara, bahkan ada beberapa di antara mereka yang mengajak penggawa Curacao untuk berfoto bersama.

Jelang pertemuan pada 24 dan 27 September nanti, setidaknya ada tiga hal yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dari Curacao ini. Apa saja?

Baca Juga: Timnas Iran, Raja Asia yang Ikut Piala Dunia Tiga Kali Beruntun

1. Rekor apik Curacao lawan tim Asia

Timnas Indonesia Akan Bersua Curacao, Ini 3 Hal yang Harus DiwaspadaiTimnas Curacao dalam sesi latihan. (Instagram/@curacao_football).

Sebelum bersua Indonesia, Curacao sudah pernah bertemu dengan tim-tim Asia. Tercatat, skuad asuhan Remko Bicentini itu pernah empat kali menghadapi tim asal Asia. Mereka adalah Qatar, India, Vietnam, dan Bahrain.

Rinciannya, Curacao menang tiga kali, dan hanya kalah sekali. Curacao sukses menang lawan Qatar (2-1), India (3-1), dan Vietnam (5-4 via babak adu penalti). Namun, saat bersua Bahrain, mereka tidak berkutik dan kalah 0-4.

Dari catatan ini, tampak bahwa Curacao sedikitnya sudah memahami permainan sepak bola Asia. Hal itu bisa jadi bekal bagi mereka dalam menghadapi Timnas Indonesia kelak.

2. Banyak pemain yang mentas di Eropa

Timnas Indonesia Akan Bersua Curacao, Ini 3 Hal yang Harus Diwaspadai90min.com

Curacao berisikan pemain-pemain yang mentas di Eropa. Tidak cuma di Belanda, beberapa pemain Curacao juga ada yang main di Inggris, Rumania, Hungaria, Portugal, hingga Swedia.

Kakak beradik Leandro dan Juninho Bacuna mentas di Inggris bersama Cardiff City dan Birmingham City. Ada juga Rangelo Janga yang main di CFR Cluj, serta Kevin Felida yang main di RKC Waalwijk. Ada juga Michael Maria yang main di NAC Breda.

Hampir semua pemain Curacao mentas di luar negeri, dan minim pemain yang main di liga lokal. Ini bisa jadi kekuatan tersendiri bagi mereka, terutama dalam hal penerapan skema taktikal, sesuatu yang sudah jadi barang lumrah di Eropa.

3. Duel udara dan kecepatan Curacao

Timnas Indonesia Akan Bersua Curacao, Ini 3 Hal yang Harus DiwaspadaiTimnas Curacao dalam sesi latihan. (Instagram/@curacao_football).

Memiliki pemain-pemain yang berlaga di Eropa, tentu Curacao punya pemain-pemain dengan kemampuan individu apik. Salah satunya dalam hal duel udara. Di sini, mereka harus mewaspadai kekuatan dari Janga, yang memiliki tinggi badan 192 cm.

Tidak cuma itu, lini pertahanan Timnas Indonesia juga harus waspada dengan kecepatan serangan balik lawan. Lazimnya, serangan balik ini akan dimulai dari sisi sayap. Dengan mewaspadai ini, skuad Garuda bisa memberikan perlawanan pada Curacao.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya