Timnas Indonesia Akhirnya ke Piala Asia Usai Penantian Panjang

Indonesia terakhir mentas di Piala Asia pada 2007

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akhirnya memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023. Kepastian itu didapat selepas skuad Garuda menundukkan Nepal dengan skor 7-0, dalam laga terakhir kualifikasi di Jaber Al Ahmed International Stadium, Rabu (15/6/2022).

Witan Sulaeman, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, Saddil Ramdani, Marselino Ferdinan, dan Dimas Drajad, jadi pencetak gol Indonesia di laga ini. Kemenangan ini pun mengakhiri penantian panjang Indonesia untuk mentas di Piala Asia.

Setelah 15 tahun lamanya, atau tepatnya pada 2007 silam, Indonesia mencicipi lagi panggung Piala Asia. Panggung yang sejatinya sudah lama diidam-idamkan.

1. Indonesia terakhir kali mentas di Piala Asia pada 2007

Timnas Indonesia Akhirnya ke Piala Asia Usai Penantian PanjangShin Tae Yong melakukan perayaan kemenangan atas Kuwait, Rabu (8/6/2022). (Instagram/ Shin Tae Yong)

Terakhir kali, Indonesia bertarung di ajang Piala Asia pada 2007. Ketika itu, tim Merah Putih menjadi tuan rumah bersama dengan dua negara Asia Tenggara lain, yakni Vietnam dan Thailand.

Sayang, prestasi Indonesia ketika itu kurang cemerlang. Indonesia gagal bersaing dengan Arab Saudi, Korea Selatan, dan Bahrain, dalam fase grup. Mereka gagal lolos ke fase gugur usai tumbang 0-1 dari Korea Selatan.

Piala Asia 2007 pada akhirnya dimenangkan Irak, yang di laga final sukses menumbangkan Arab Saudi. Selepas itu, Indonesia tak pernah lagi mengecap penampilan di Piala Asia.

Baca Juga: [BREAKING] Bantai Nepal, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

2. Indonesia gagal tembus Piala Asia 2011, 2015, dan 2019

Timnas Indonesia Akhirnya ke Piala Asia Usai Penantian PanjangTimnas Indonesia bersua Yordania. (Dok. PSSI)

Dalam tiga gelaran Piala Asia selanjutnya, yakni 2011, 2015, dan 2019, Indonesia gagal menembus laga final. Indonesia kerap kalah di fase kualifikasi dalam tiga ajang tersebut, terkecuali pada Kualifikasi Piala Asia 2019.

Pada gelaran Kualifikasi Piala Asia 2011, Indonesia kalah saing dengan Oman, Kuwait, dan Australia. Sedangkan pada 2015, Indonesia tumbang di tangan Arab Saudi, Irak, dan China. Kemudian, pada 2019, Indonesia sama sekali tidak tembus kualifikasi.

3. Potensi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia

Timnas Indonesia Akhirnya ke Piala Asia Usai Penantian PanjangTimnas Indonesia bersua Yordania. (Dok. PSSI)

Beberapa waktu lalu, AFC sempat membuka peluang bagi siapa pun yang ingin jadi tuan rumah Piala Asia 2023, seiring mundurnya China selaku tuan rumah. Syaratnya, tim yang ingin jadi tuan rumah harus lolos ke putaran final.

Dengan kepastian Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023, membuat potensi jadi tuan rumah terbuka lebar. Namun, semua tergantung sikap dari PSSI, apakah mau mengambil tawaran AFC ini atau tidak.

Baca Juga: Timnas Indonesia Berpotensi Naik Tingkat di Ranking FIFA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya